Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/05/2018, 13:20 WIB
Nabilla Tashandra,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber POP SUGAR

KOMPAS.com -  Walau sepeda statis hanya mengayuh sepeda di tempat dan di dalam ruangan, jangan remehkan efektivitasnya untuk membakar kalori.

Instruktur Flywheel dan personal trainer tersertifikasi ACE, Emily Fayette berbagi trik sederhana untuk memaksimalkan kelas bersepedamu dan membakar lebih banyak kalori.

Menurutnya, kita harus memahami batasan dari tubuh kita. "Cobalah lebih keras saat merasa tubuhmu sedang berenergi dan lebih pelan saat tubuh butuh mengumpulkan energi, namun tetap lah bergerak," kata Emily kepada Popsugar.

Bicara soal kecepatan dan perlawanan, moto Emily adalah: kuat, lebih kuat, paling kuat, dan ia mengajak semua orang untuk mengetes batas mereka.

"Uji batasan dirimu. Tapi jangan lupa untuk tetap memahami tubuhmu. Temukan titik puncak dan lampaui. Di sana lah kamu akan menemukan yang namanya kekuatan," ujarnya.

Postur tubuh juga memiliki peran penting dalam menghasilkan olahraga sepeda yang efisien. Termasuk menggerakkan otot inti dan memastikan punggung kita tak bekerja berlebihan.

Baca juga: Olahraga Kardio dan 10 Manfaat Ajaibnya untuk Tubuh

Emily menyarankan agar sepeda statis yang digunakan diatur dengan tepat. Jangan ragu untuk bertanya pada instruktur jika kamu baru pertama kali bersepeda.

Selain itu, untuk menambah performa saat kelas bersepeda, Emily juga menyarankan untuk menambahkan olahraga lainnya. Mislnya, untuk memperkuat atau mengencangkan otot.

Kamu juga bisa melakukan latihan pada otot kaki dan pantat lainnya untuk memperkuat tubuh bagian bawah sehingga tubuh semakin kokoh saat bersepeda.

Terakhir, hadirilah setiap sesi kelas untuk mendapatkan semua ilmu yang dibutuhkan.

"Aku juga menyarankan untuk memikirkan lagu-lagu baru yang bisa menemani bersepeda. Ini akan membantu untuk mengeluarkan lebih banyak kekuatan saat bersepeda dengan adanya lagu baru," kata Emily.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber POP SUGAR
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com