Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertama Kali, Vogue Arabia Tampilkan Foto Wanita Mengemudi

Kompas.com - 01/06/2018, 13:00 WIB
Ariska Puspita Anggraini,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Vogue Arabia ikut merayakan lahirnya undang-undang yang mengizinkan wanita untuk mengemudi di Arab Saudi sejak 24 Juni.

Wujud perayaan tersebut dihadirkan lewat sebuah sampul yag menampilkan HRH Princess Hayfa bint Abdullah Al Saudi yang berpose di kursi pengemudi.

Majalah edisi Juni ini didedikasikan untuk perubahan monumental kerajaan. Edisi ini juga menampilkan sejumlah wawancara dengan para wanita pendobrak sejarah di Arab Saudi, mulai dari model, desainer, hingga aktris dan aktivis.

Foto sampul ikonik ini diambil di gurun Jeddah oleh fotografer mode Irlandia, Boo George, yang baru-baru ini memotret Kim Kardashian untuk majalah Elle AS.

Pemotretan ini adalah yang pertama kali bagi Sang Putri. Sebelumnya, ia tak pernah muncul di sampul majalah manapun.

Ia juga tampil cantik dengan mengenakan busana putih yang dipadukan dengan jilbab warna senada ketika pemotretan.

"Di negara kami, ada beberapa konservatif yang takut perubahan," komentarnya saat di wawancara.

“Bagi banyak orang, itulah yang mereka ketahui. Secara pribadi, saya mendukung perubahan ini dengan sangat antusias," tambahnya.

Baca juga: Untuk Pertama Kali, Arab Saudi Gelar Fashion Show

Ia juga berpendapat bahwa sangat mudah untuk mengomentari masyarakat negara lain dan berpikir bahwa negaranya sendiri lebih unggul.

"Tapi, dunia Barat harus ingat bahwa setiap negara itu spesifik dan unik. Kami memiliki kekuatan dan kelemahan tetapi, selalu, itu adalah budaya kami, dan lebih baik mencoba memahaminya daripada menilainya," tambahnya.

 

????????“In our country, there are some conservatives who fear change. For many, it’s all they have known. Personally, I support these changes with great enthusiasm.” HRH Princess Hayfa bint Abdullah Al Saud is in the driving seat on the cover of #VogueArabia’s first-ever #SaudiIssue. The Saudi issue will launch in a monumental month, with the ban on women driving in the Kingdom set to be lifted on June 24. Read our exclusive interview with the artist and daughter of the late King Abdullah in the June issue, on shelves June 1. Cover 1 of 3 #VogueArabia ???????? Photography @boo_george_studio Fashion Direction @katieellentrotter Interview @mrarnaut Production @snapfourteen ?? ?????? ??? ????????? ????? ???????. ???????? ???????? ??? ?? ?? ??????. ???? ?? ???? ???? ??? ????????? ??? ????"? ??? ?? ???? ?? ??? ??????? ????? ??? ??? ???? ?? ????? ????? ???? ??? ???? ????? ??????? ??? ???? #???_????????_????????? ????? ?? ???? ??? ??????? ?? #???_???????. ?????? ??? ???????? ????????? ??? ?? ??? ?????? ???? ????? ???? ??? ????? ?? ????? ?????? ???????? ?? ???????? ??????? ??? 24 ?????. ?????? ?????? ?????? ?? ??????? ?? ??? ?????? ????? ?????? ?? ????? ????? ???????? ?? ????? ?? ?????. #???_???????

A post shared by Vogue Arabia (@voguearabia) on May 30, 2018 at 12:00am PDT

Masyarakat di kerajaan bersukacita ketika Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud mengumumkan pada bulan September 2017 bahwa larangan mengemudi perempuan akhirnya akan dicabut dan segera direalisasikan.

Saat ini bahkan tersedia aplikasi taksi dengan 1.000 pengemudi perempuan yang langsung mendaftar.

Baca juga: Akhirnya, Arab Saudi Cabut Larangan Mengemudi bagi Perempuan

Konsep sampul majalah ini digagas oleh redaktur pelaksana Vogue, Manuel Arnaut, yang percaya Arab Saudi sedang berada di tengah-tengah perubahan bersejarah.

"Mengetahui wanita luar biasa seperti itu mengambil bagian dalam menyusun masa depan dunia Arab membuat saya menantikan saat-saat yang menyenangkan ke depan,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com