Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - Diperbarui 09/04/2022, 07:02 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Tunjangan Hari Raya alias THR, salah satu hal yang paling ditunggu-tunggu saat bulan Ramadhan sudah datang.

Namun terkadang, ada baiknya untuk berpikir lebih bijaksana dalam mengelola uang tersebut, agar bisa lebih "awet" atau bahkan bisa dijadikan sebagai tabungan. 

Ya, menyimpan dana THR untuk tabungan adalah hal yang mungkin bisa dilakukan.

Coba perhatikan trik dari Cashbac ini agar Lebaran bisa berjalan dengan tenang tanpa perlu kepikiran soal THR yang akan berkurang, atau bahkan habis.

1. Siapkan keperluan lebaran

Sudah menjadi rahasia umum jika saat menjelang hari raya tiba harga kebutuhan pokok akan naik, bahkan hampir menjadi dua kali lipat.

Sebelum telat, tidak ada salahnya kita untuk mempersiapkan kebutuhan untuk keperluan lebaran nanti dari sekarang.

Mulai dari kue kering hingga angpao, sehingga tidak perlu terbebani lagi saat hari kemenangan sudah hampir datang.

Baca juga: Para Ibu, Ini 10 Cara Cerdas Mengatur Keuangan

2. Kurangi jajan selama Ramadhan

Tanpa disadari, bulan puasa justru akan membuat kita menjadi lebih sering jajan di luar.

Suasana pandemi Covid-19 yang membaik, atau pun kemudahan pesan antar melalui aplikasi tentu membuka peluang bagi kita menjadi lebih boros, bukan?

Entah itu untuk membeli takjil atau justru makanan untuk sahur, momen Ramadhan memang akan membuat banyak jajanan baru yang akan bermunculan.

Di sini lah kita harus menahan diri untuk melakukan pengeluaran tambahan, meskipun nominalnya tidak besar namun jika frekuensinya sering, maka akan menjadi sesuatu yang besar.

3. Jangan terlalu sering bukber

Sebelum Ramadhan datang pasti yang ada di pikiran kita adalah pengeluaran yang akan menjadi lebih hemat karena berkurangnya makan di luar.

Namun, pada kenyataannya hal tersebut tidaklah sepenuhnya benar, karena meski pun kita akan menghemat makan siang, namun ajakan untuk buka bersama akan banyak bermunculan.

Hal ini yang akan membuat pengeluaran justru akan semakin bertambah. Apalagi jika melihat tren pandemi yang kini mulai membaik dan memungkinkan kita untuk berkumpul.

So, tidak ada salahnya untuk memilih mana ajakan yang bisa kita ambil dan yang harus untuk ditolak.

Baca juga: Tips 5 Menit Bijak Merencanakan Penggunaan THR untuk Milenial

4. Cari promo

Mungkin -dengan kondisi pandemi yang kian membaik- kita akan lebih sering menghabiskan waktu untuk berbuka puasa di luar rumah.

Entah itu karena jam kerja yang berangsur normal hingga tidak memungkinkan untuk berbuka di rumah, atau karena memang jarak yang terlalu jauh, sehingga dibutuhkan waktu tempuh yang lama.

Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk mengakali kondisi tersebut dengan memilih tempat berbuka yang memiliki promo setiap kita melakukan transaksi.

Hal ini mungkin memang harus kita coba karena secara tidak langsung pengeluaran kita akan semakin berkurang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com