Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ree Indonesia Menyasar Wanita Karir yang Sadar Fashion

Kompas.com - 06/06/2018, 16:09 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

KOMPAS.com - Tingkat aktivitas seseorang yang tinggi turut memengaruhi pilihan busananya.

Busana berdaya pakai tinggi, yang bisa dipakai dalam berbagai kesempatan dan mudah dipadu padankan, tapi tetap memberi kesan mengikuti perkembangan mode terkini, menjadi pilihan para wanita aktif yang sadar fashion.

Merek fashion, Ree Indonesia, menjawab kebutuhan tersebut dengan menghadirkan busana siap pakai yang memberi tampilan modis, tapi tetap profesional.

Riana Bismarak, pendiri Ree Indonesia, mengatakan, awalnya merasa gemas dengan dominasi label busana luar negeri untuk kategori fast fashion.

"Sekitar 4 tahun lalu, kalau kita lihat merek busana saat itu harganya tinggi banget atau bawah banget. Yang tengah-tengah masih kosong," kata Riana.

Ditemui di butiknya di kawasan Kemang Timur Jakarta Selatan, Riana mengatakan, wanita pekerja yang sudah cukup mapan, kebanyakan akan memilih busana merek luar.

"Kebanyakan merek lokal bajunya terlalu kasual, terlalu gombrong, atau modelnya asimetris yang tidak cocok untuk ke kantor," ujar wanita berusia 42 tahun itu.

Wanita yang sebelumnya membidani lahirnya situs belanja belowcepek.com ini, lalu meluncurkan merek Ree Indonesia sekitar tahun 2014.

"Sebenarnya agak terpaksa karena waktu itu saya menang Wanita Wirausaha Femina dan dapat jatah both gratis di Jakarta Fashion Week (JFW). Tapi bingung mau diisi apa karena saya tidak punya label," katanya.

Dengan persiapan yang mepet, hanya dua bulan, ia pun membuat contoh-contoh baju yang selama ini hanya ada di benaknya.

Riana Bismarak, pendiri Ree Indonesia.Dok Pribadi Riana Bismarak, pendiri Ree Indonesia.

"Pada dasarnya sudah tahu mau bikin baju apa, jadi hanya tinggal merealisasikan. Cuma selama ini tidak pede karena saya bukan desainer," ujar wanita yang belasan tahun bekerja di bidang pariwisata ini.

Akhirnya booth di JFW itu pun ia isi dengan beberapa contoh baju rancangannya.

"Semuanya baru baju-baju sampel karena saya ingin tahu ada yang mau beli atau enggak. Ternyata banyak juga yang pesan (PO)," paparnya.

Tahun berikutnya, Ree kembali membuka both dan menambah produksinya. Penjualan pun dilakukan melalui website dan media sosial secara lebih serius.

Be Ready

Ree Indonesia, menurut Riana, memiliki konsep "Be Ready" untuk berbagai kesempatan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com