Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah Makan Ubi Ungu Ampuh Membuat Berat Badan Turun?

Kompas.com - 08/06/2018, 05:05 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Jika kamu penggemar ubi, jangan lewatkan untuk mencicipi kelezatan ubi ungu, dan siap-siap ketagihan dengan makanan satu ini. Pasalnya, ubi ungu memiliki tekstur lembut, legit dan rasa yang manis.

Selain enak, ubi ungu ternyata juga kaya akan nutrisi dan mineral yang baik untuk tubuh. Apabila kamu sedang berusaha menurunkan berat badan, ubi ungu wajib dimasukkan ke dalam daftar menu diet.

Satu penelitian yang dilakukan pada tikus dan diterbitkan dalam Journal of Medicinal Food menemukan bahwa ekstrak ubi ungu mampu menyusutkan sel-sel lemak.

Namun, masih belum diketahui apakah ubi ungu menawarkan manfaat menurunkan berat badan yang sama bagi manusia atau tidak. Itu sebabnya, dibutuhkan penelitian yang lebih lanjut untuk memastikan manfaat ubi ungu untuk menurunkan berat badan.

Meski penelitian tentang manfaat ubi ungu untuk menurunkan berat badan masih dalam tahap awal, tapi ada beberapa hal yang membuat makanan ini layak untuk dikonsumsi jika kamu sedang dalam program penurunan berat badan.

Manfaat ubi ungu untuk menurunkan berat badan

1. Kaya akan serat

Ubi ungu yang masih lengkap dengan kulitnya merupakan salah satu makanan yang tinggi serat. Bahkan dibanding dengan kentang, ubi ungu lebih tinggi kandungan seratnya.

Satu buah ubi ungu ukuran sedang mengandung 4 gram serat. Jumlah tersebut sudah memenuhi 15 persen dari nilai harian asupan serat. Sementara dalam satu buah kentang ukuran sedang hanya mengandung 2 gram serat atau 9 persen dari nilai harian asupan serat.

Tingginya kandungan serat dalam ubi ungu dapat membantu menurunkan berat badan. Pasalnya, serat membuat kita merasa kenyang setelah makan dan menjaga nafsu makan.

Ubi ungu juga mengandung jenis serat tertentu yang disebut pati resisten. Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Biomedical and Enviromental Science, diet yang kaya akan pati resisten membantu mengurangi risiko obesitas.

Selain itu, asupan serat yang cukup juga dapat menjaga kadar kolesterol tetap rendah, melindungi dari dari penyakit kardiovaskuler, serta mengurangi risiko kenaikan gula darah.

Baca juga: Diet Tinggi Serat, Cara Sehat Turunkan Berat Badan

Ilustrasi ubi unguAmalliaEka Ilustrasi ubi ungu
2. Mengandung karbohidrat kompleks

Dalam satu buah ubi ungu ukuran sedang mengandung 28 gram karbohidrat kompleks. Sekilas hal tersebut mungkin tidak terdengar terlalu bermanfaat untuk menurunkan berat badan.

Akan tetapi karena rendah kalori dan tinggi nutrisi, ubi ungu dapat memberikan asupan energi tambahan yang menyebabkan kita membakar lebih banyak kalori di antara waktu makan.

Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com