Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Sehat Selama Puasa? Ini 5 Kebiasaan yang Harus Dilakukan

Kompas.com - 10/06/2018, 12:02 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Saat bulan ramadan, tentunya banyak rencana untuk buka puasa bersama dengan teman dan kerabat. Buka puasa bersama sering membuat seseorang makan sesukanya tanpa memerhatikan zat gizi yang terkandung.

Tentu hal ini membuat tubuh jadi tidak sehat saat puasa. Mau tubuh tetap sehat selama puasa? Yuk lakukan beberapa kebiasaan supaya tubuh jadi lebih sehat lagi.

1. Olahraga teratur

Puasa bukan menjadi penghalang untuk berolahraga. Kita bisa tetap olahraga seperti biasanya atau mulai berolahraga saat puasa. Olahraga bisa menjadi kebiasaan hidup sehat yang bisa dimulai.

Jika saat puasa kita hanya bermalas-malasan di rumah dan tidur sepanjang hari sampai waktu mendekati berbuka puasa, akan membuat tubuh semakin lemas. Oleh karena itu, meski sedang puasa, tetaplah aktif agar puasa bisa berjalan lancar.

Ketika berolahraga saat puasa, kita tak perlu memaksakan diri melakukan latihan yang berat, cukup yang ringan tapi lakukan dengan rutin. Kita bisa olahraga beberapa jam sebelum berbuka puasa atau setelah berbuka puasa.

Baca juga: Bagaimana Seharusnya Olahraga di Bulan Puasa?

2. Hindari makan gorengan, makanan asin, dan makanan tinggi gula

Gorengan, makanan dan minuman yang manis sudah seperti ciri khas dari menu buka puasa. Makanan ini memang sangat nikmat untuk disantap saat berbuka puasa. Namun, ternyata makanan ini bisa membuat puasa di hari berikutnya menjadi lebih sulit.

Mengonsumsi makanan berlemak dan bergula sangat tinggi dapat memengaruhi berat badan. Selain itu juga dapat menyebabkan menjadi cepat lemah dan lesu. Makanan asin juga sama buruknya, karena dapat membuat lebih haus. Tentu ini akan mengganggu puasa selama seharian.

Oleh karena itu, kita bisa memulai hidup sehat saat puasa tanpa mengonsumsi makanan berlemak, asin, dan manis secara berlebihan.

Mengonsumsi makanan tersebut dapat menurunkan kualitas puasa, sehingga menjadi kurang bersemangat menjalani aktivitas di hari puasa.

Cobalah menggabungkan makanan dari semua kelompok makanan utama termasuk buah dan sayuran, nasi dan alternatif, serta daging dan alternatif.

Mengkonsumsi makanan kaya serat selama berpuasa juga baik karena dicerna lebih lambat daripada makanan olahan sehingga perut merasa kenyang lebih lama.

Baca juga: Sering Buka Puasa Dengan Gorengan? Ini Bahayanya

3. Minum air yang cukup

Saat puasa, kita perlu mempertahankan cairan tubuh agar tetap terhidrasi. Kekurangan cairan dapat menyebabkan lemas.

Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com