Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Kenakan Sneaker, dari Klasik hingga High Fashion..

Kompas.com - 11/06/2018, 09:49 WIB
Kahfi Dirga Cahya,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber DMarge

KOMPAS.com - Sneaker kini tidak lagi dipakai hanya untuk lari atau gberlatih olahraga lain, namun juga telah menjadi tren gaya sehari-hari. 

Yap, bagi pria, sneaker memiliki peran untuk menambah nilai plus pada penampilan, baik saat kasual atau ketika memakai busana formal sekali pun. 

Nah, agar tepat dan penampilan lebih maksimal, berikut tips mengenakan sneaker dari laman Dmarge yang mendapat masukan dari Robert Ferris, Head Buyer Harrolds.

1.Sneaker rules: The basic

Ilustrasi sneakersmonkeybusinessimages Ilustrasi sneakers

Tidak peduli jenis sneaker apa yang dikenakan, ada beberapa prinsip dasar yang perlu diketahui.

  • Beli sepatu yang sesuai dengan pakaian yang dimiliki saat ini: Apa gunanya membeli tren terbaru, jika tidak sesuai dengan gaya dan selera? Jangan ikut-ikut tren. Pilih sepatu yang melengkapi apa yang sudah dimiliki, bukan sepatu yang mengharuskan membeli pakaian lagi. 
  • Kenakan pada kesempatan yang tepat: Sneaker sangat serbaguna, tetapi bukan pengganti seluruh sepatu. Kamu dapat mengenakan sneaker dengan pakaian bukan formal, dan mungkin bahkan beberapa pakaian kasual. Namun itu tidak dimaksudkan untuk setiap kesempatan, misalnya ke acara yang sangat resmi.
  • Jaga kebersihannya: Tidak peduli seberapa keren sneakers, efeknya akan hilang jika tidak bersih. Perawatan sneaker yang benar termasuk mencuci tali sepatu, menghilangkan bau, menyikat outsole, dan menggunakan pelindung sepatu. 

2. Pahami tipe sneaker

Air Jordan 1, salah satu seri sneaker yang mendominasi banyak lapak di arena Sneakerpeak Kemang Vol.3 di Lippo Mall Kemang, Rabu (18/4/2018). Acara ini akan berlangsung hingga Minggu (22/4/2018).KOMPAS.com/ GLORI K WADRIANTO Air Jordan 1, salah satu seri sneaker yang mendominasi banyak lapak di arena Sneakerpeak Kemang Vol.3 di Lippo Mall Kemang, Rabu (18/4/2018). Acara ini akan berlangsung hingga Minggu (22/4/2018).

Sneakers punya berbagai bentuk, gaya, dan ukuran, namun memiliki beberapa aturan.  

Dengan begitu banyak pilihan yang tersedia, sulit mengetahui dengan pasti apa yang paling cocok sesuai dengan pakaian dan selera.

Namun ada penggolongan sneaker yang membantu seseorang memadupadankannya dengan gaya berpakaian. Berikut cara memahaminya. 

  • Sneaker basic. Sneaker ini umumnya seperti Converse, Vans dan lain-lain. Biasanya terbuat dari kulit, namun ada juga yang memakai kanvas dan umumnya memakai warna-warna dasar. Sneaker ini memiliki harga terjangkau dan mudah dipakai atau dibersihkan. 
  • Sneaker mewah. Sneaker ini biasanya memiliki bentuk layaknya sneaker basic, namun dengan harga lebih mahal dan sering dibuat dari suede atau kulit. Beberapa label yang kenakan seperti Tom Ford, Lanvin & Saint Laurent. Sneaker ini tidak cocok untuk dipakai ke festival musik. 
  • Sneaker klasik. Sneaker tipe ini seperti Nike Air Max 90, Reebok Pump, Asics hingga Onitsuka Tiger.
  • Sneaker masa kini. Sneaker ini biasanya dari label seperti Nike, Adidas dan Puma, namun dengan gaya dan bentuk modern.
  • Sneaker dari desainer. Sneaker ini biasanya dikeluarkan oleh label seperti Givenchy, Christian Louboutin, Maison Martin Margiela, Diemme, dan bahkan Giuseppe Zanotti. 
  • Sneaker high tech. Sneaker ini mungkin belum diakui secara universal, namun memiiki julukan “High Tech.” Sneaker ini dari beberapa seperti seperti Rick Owens dan desainer lain yang benar-benar mendorong batas desain sneaker.

3. Apa yang perlu diketahui untuk mendapatkan penampilan sneaker terbaik? 

Setelah tahu berbagai tipe sneaker, kini cocokan dengan penampilan. 

  • Sneaker basic

Sneaker Basic ClassicDok. Dmarge Sneaker Basic Classic

Converse, Chucks atau apa pun sebutannya, sneaker basic klasik biasanya menjadi sepatu kasual paling serbaguna yang bisa dibeli. 

Tipe sneaker ini pas jika dipadupadankan dengan denim panjang serta celana pendek dari berbagai warna dan siluet.

Tapi perlu dicatat, sneaker ini tidak pas digunakan sebagai pengganti sepatu formal, karena memang tidak bisa dipakai di setiap kesempatan. Pakai saat penampilan kasual atau acara-acara santai.

Halaman:
Sumber DMarge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com