Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Cara Mencegah Berat Badan Naik Setelah Lebaran

Kompas.com - 13/06/2018, 14:48 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Saat puasa, kita diwajibkan untuk menahan makan dan minum. Sehingga terjadinya perubahan gaya hidup, mulai dari pola makan, pola tidur, dan aktivitas sehari-hari.

Setelah puasa usai, pola makan kebanyakan orang akan kembali lagi seperti sebelumnya, makan tiga kali sehari dan tidak menahan makan lagi.

Bahkan banyak orang yang justru seperti balas dendam dengan makan yang banyak setelah puasa usai. Akibatnya berat badan naik tidak terkendali. Bagaimana mencegahnya?

Mungkin sulit menahan diri untuk tidak makan banyak setelah puasa usai. Setelah sebulan penuh berpuasa, beberapa orang merasa saatnya makan banyak tanpa pikir panjang lagi.

Terlebih lagi setelah puasa usai, hari Lebaran pun tiba dan hari libur masih panjang. Saat inilah, yang menjadi hari-hari tersulit untuk menahan diri.

Keduanya, seakan perpaduan yang pas untuk membuat berat badan mudah naik. Melihat kelezatan menu-menu khas Lebaran, tentu membuat kita ingin makan lebih banyak lagi.

Hal ini membuat kita tidak memerhatikan apa saja dan sudah berapa banyak makanan yang disantap. Menu khas Lebaran umumnya adalah makanan yang tinggi gula dan lemak. Sehingga membuat kalori yang masuk ke tubuh menjadi berlebihan.

Baca juga: Atur Waktu Makan Jadi Kunci Turunkan Berat Badan

Liburan yang masih panjang pun, membuat kita bermalas-malasan di rumah sambil ngemil kue Lebaran favorit, atau pergi ke tempat wisata sambil mencicipi berbagai makanan. Sehingga lupa untuk berolahraga.

Akibatnya kalori yang masuk ke tubuh lebih besar dibandingkan kalori yang dikeluarkan. Maka tak heran jika berat badan naik setelah puasa usai.

Bagaimana mencegah berat badan naik setelah puasa

Agar berat badan tetap terjaga setelah puasa usai, pastikan kalori yang masuk ke tubuh sama dengan kalori yang dikeluarkan. Kita bisa mengikuti tips berikut ini untuk mencegah berat badan naik setelah puasa usai.

1. Berhenti makan sebelum kenyang

Kenali rasa kenyang dengan makan secukupnya. Jangan membuat perut terlalu penuh, ini akan membuat kita menjadi malas bergerak.

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang makan sambil melakukan hal lain, cenderung akan makan berlebih. Karena mereka kurang mampu mengetahui kapan tubuh memberi sinyal kenyang.

Untuk mencegah hal ini terjadi, makanlah dengan kesadaran penuh dan tanpa gangguan, agar bisa merasakan makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com