Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kiat Membasmi Jerawat Pasir Agar Tidak Datang Lagi

Kompas.com - 18/06/2018, 15:15 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Sebutan jerawat pasir umum digunakan pada jerawat yang muncul secara berbarengan dengan jumlah yang banyak (mirip seperti pasir). Hal ini tentu sangat mengganggu penampilan dan bisa menurunkan kepercayaan diri seseorang.

Lantas, bagaimana cara mengatasi jerawat pasir agar wajah kembali bersih seperti sedia kala?

Jerawat pasir sebenarnya sama dengan jerawat biasa, tapi berukuran kecil yang biasanya berisi nanah atau lemak serta kotoran, dan datang secara bergerombol. Jika jerawat sudah meradang, biasanya akan berwarna kemerahan.

Kebanyakan orang mengalami jerawat ini dibagian pipi atau dahi. Hal ini dikarenakan dahi termasuk dalam zona T, yakni bagian di wajah yang produksi minyaknya jauh lebih besar dibandingkan bagian lainnya.

Selain itu, dahi juga biasanya menjadi bagian wajah yang sering terpapar minyak dari berbagai produk perawatan rambut. Kombinasi inilah yang membuat dahi menjadi tempat favorit jerawat pasir untuk tumbuh, terutama di atas alis dan tepat di bawah garis rambut.

Baca juga: Ciri-Ciri Jerawat Terinfeksi, Plus Cara Mengatasinya

Stres menjadi salah satu faktor utama munculnya jenis jerawat yang satu ini. Selain itu, perubahan hormon yang signifikan seperti saat menstruasi, kehamilan, dan menopause juga berkontribusi besar dalam kemunculan jerawat pasir.

Mengatasi jerawat pasir berdasarkan jenis jerawat penyebabnya

Jerawat pasir pada dasarnya sama dengan jerawat biasa, berikut beberapa jenis jerawat yang umum muncul sebagai jerawat pasir, yaitu:

1. Whiteheads (komedo putih)

Kumpulan komedo putih yang datang secara berkelompok merupakan jenis paling umum yang biasanya sering disebut jerawat pasir.

Umumnya, komedo putih terbentuk saat pori-pori di wajah tersumbat oleh sebum dan sel kulit mati. Bagian pori-pori biasanya menutup sehingga terlihat seperti benjolan kecil yang menonjol di kulit.

Mengatasi komedo putih jauh lebih sulit dibandingkan dengan komedo hitam karena pori-pori yang tersumbat biasanya sudah tertutup.

Menggunakan produk yang mengandung asam salisilat bisa membantu meringankan jerawat. Jika tidak kunjung hilang juga, periksa ke dokter kulit.

2. Papula

Papula terjadi saat dinding yang mengelilingi pori-pori wajah pecah dari peradangan yang parah. Hal ini menyebabkan pori-pori menjadi iritasi dan meradang. Di waktu inilah papula muncul berupa benjolan kecil berwarna merah pada kulit.

Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com