Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hai Wanita, Hindari Buang Air Kecil Sebelum Bercinta

Kompas.com - 18/06/2018, 22:00 WIB
Glori K. Wadrianto

Editor

Sumber her.ie

KOMPAS.com - Bagi pada perempuan, buang air kecil sebelum melakukan hubungan seksual ternyata bisa mendatangkan dampak yang buruk. 

Pakar Urologi, David Kaufman menerangkan, bagi wanita, "pipis" sebelum bercinta memperbesar risiko terkena infeksi salurah kemih. 

Kaufman bahkan menyebutkan, buang air kecil sebelum aktivitas seks adalah penyebab nomor satu dari infeksi saluran kemih post-coital (pascahubungan seks).

Kondisi semacam itu, -seperti dikutip Yahoo Health, juga dikenal dengan sebutan "honeymoon cystitis".

Baca juga: Perlukah Wanita Buang Air Kecil Sebelum Berhubungan Seks?

Cystitis atausistitis adalah peradangan kandung kemih, dengan gejala utama meningkatnya frekuensi berkemih, nyeri saat berkemih, dan kadang-kadang ada darah dalam air seni.

“Bakteri memiliki pili kecil yang bertindak semacam velcro (perekat), yang memungkinkan bakteri menempel pada bagian uretra," kata dia.

Pili adalah struktur seperti benang yang ada pada bakteri. Pili lebih pendek dari flagela, dan digunakan juga untuk mendekatkan bakteri satu sama lain.

Sebaliknya, Kaufman menegaskan, buang air kecil setelah berhubungan seks menjadi amat penting.

Baca juga: Kenapa Perempuan Wajib Buang Air Kecil Setelah Bercinta?

Dia mengatakan, buang air kecil setelah bersetubuh memungkinkan bakteri lepas, dan mencegahnya berpindah ke kandung kemih.

Data menunjukkan, infeksi saluran kemih merupakan kondisi menyakitkan yang amat banyak menjangkiti perempuan. Diperkirakan, satu dari dua perempuan pernah mengalaminya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber her.ie
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com