Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Program Penurunan Berat Badan Buntu? Ikuti 5 Tips Ini

Kompas.com - 19/06/2018, 09:41 WIB
Nabilla Tashandra,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kamu mungkin mendapatkan hasil yang signifikan dari program penurunan berat badan yang dijalankan. Namun, tak sedikit yang menemui kebuntuan dan frustrasi karena program penurunan berat badan yang dilakukan tak lagi memberi hasil.

Jangan khawatir, karena hal itu biasa terjadi. Jadi, jangan berkecil hati dan coba lakukan lima tips ini untuk kembali mendapatkan hasil maksimal.

1. Variasi olahraga

Jika suatu hari kamu menemukan olahraga yang dilakukan tak lagi memberikan hasil, cobalah untuk mencampurkannya dengan jenis olahraga lain.

Lakukan kombinasi olahraga kekuatan dan kardio, tingkatkan intensitasnya perlahan pada setiap kesempatan.

Selain itu, cobalah olahraga lain yang benar-benar baru. Sehingga, tubuhmu akan terus menemui tantangan yang berbeda.

Baca juga: Olahraga Kardio dan 10 Manfaat Ajaibnya Bagi Tubuh

2. Atur kembali 'cheat days'

Cheat days kerap kali disiapkan sebagai hari dimana kita bebas makan apapun, di sela hari lain dimana kita membatasi jenis dan jumlah makanan yang dimakan.

Jika serius ingin menurunkan berat badan, batasi cheat days tersebut hingga kita mencapai titik berat badan yang diinginkan.

Ketika sudah tiba di titik tersebut, kita bisa kembali mulai mengkonsumsi makanan kegemaran kita namun tanpa merusak program penurunan berat badan yang dijalankan.

Baca juga: Agar Cheating Days Tak Merusak Diet

3. Hitung defisit kalori

Setelah menghitung defisit kalori pribadi, penting untuk terus memonitor perkembangan penurunan berat badan pada minggu pertama hingga keempat.

Jika setelah itu berat badan masih naik, kurangi asupan kalori sebanyak 10 persen. Jika berat badanmu masih sama, kurangi asupan total sekitar 5 persen.

Baca juga: Salah Hitung Kalori, Penyebab Berat Badan Sulit Turun

4. Prioritaskan tidur

Tidur cukup adalah aturan dasar hidup sehat, termasuk penurunan berat badan. Kurang tidur bisa memicu rasa lapar dan kortisol (hormon stres), yang kerap dikaitkan dengan nafsu makan dan munculnya lemak perut.

Tubuh juga butuh memperbaiki diri saat kita tidur. Tanpa tidur yang cukup, maka proses tersebut akan sulit dilakukan secara maksimal.

Baca juga: Menambah Waktu Tidur Bisa Bantu Mengurangi Berat Badan?

5. Ngemil sehat

Ngemil di antara jadwal makan besar adalah hal yang baik untuk menunda lapar. Namun ini juga bisa berdampak pada program penurunan berat badanmu jika porsi cemilan tak diperhatikan.

Selain porsi, pertimbangkan mengkonsumsi cemilan sehat. Untuk cemilan berkalori tinggi, pastikan kamu hanya mengkonsumsinya dalam jumlah kecil.

Baca juga: Waspadai, 5 Risiko Hobi Ngemil di Malam Hari

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com