Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/06/2018, 17:00 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com - Media sosial bukan cuma menjadi jejaring pertemanan, tapi kini berkembang sebagai tempat kita menumpahkan unek-unek alias komplain.

Walau begitu, berhati-hatilah dalam menyampaikan setiap keluhan di media sosial, apalagi menyangkut lembaga atau perusahaan. Ketahui dulu rambu-rambunya agar tidak menjadi bumerang.

1. Langsung pada lembaga yang dituju
Bila kamu punya komplain tentang produk atau jasa sebuah perusahaan, menyampaikannya lewat media sosial memang jadi cara terbaik untuk mendapat respon.

Setiap perusahaan biasanya memiliki beberapa akun media sosial, namun carilah yang paling aktif, misalnya ada yang memberi respon cepat di Twitter atau pun Facebook.

Jika kamu memiliki pengalaman negatif, sampaikan langsung pada website perusahaan tersebut dibanding lewat media sosial pribadi. Bila perlu, lampirkan bukti kuat, misalnya struk pembelian atau brosur.

Baca juga: Manfaatkan Bulan Ramadhan untuk Biasakan Bicara Baik di Media Sosial

2. Hindari komplain tentang masalah pekerjaan
Ini terutama jika kita berteman dengan rekan kerja di media sosial. Mengeluhkan tentang pekerjaan atau kolega akan menimbulkan rasa canggung di kantor.  Tak sedikit juga kasus karyawan yang dipecat karena curhat tentang kantornya di media sosial.

3. Hindari mengeluh tentang keluarga
Walau kamu tidak menyebut nama, tetapi memposting status atau tweet yang menyiratkan tentang teman atau keluarga bisa berpotensi merusak hubungan.

Apa pun yang kita tulis di media sosial seharusnya dipikirkan dengan benar, bukan menuruti emosi semata. Dengan kata lain, jangan memposting sesuatu saat sedang marah.

Baca juga: Hindari Pamer Hal Ini di Media Sosial

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com