Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengeluaran Pangeran Charles untuk Busana Keluarga Kerajaan

Kompas.com - 03/07/2018, 08:00 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

Sumber ELLE


KOMPAS.com - Menjadi bangsawan berarti harus menjalani sederet tugas-tugas kerajaan. Salah satu yang menyenangkan dari tugas ini adalah bisa memakai baju-baju keren dan modis setiap saat.

Keluarga kerajaan Inggris bisa memilih baju desainer yang mereka sukai untuk menghadiri acara kerajaan tanpa perlu membayarnya.

Pangeran Charles ternyata menanggung semua pengeluaran untuk pakaian Pangeran William, Kate Middleton, Pangeran Harry, dan sekarang, Meghan Markle, yang dipakai untuk menghadiri acara resmi.

Pengeluaran untuk pakaian tersebut dikabarkan meroket sejak Harry dan Meghan bertunangan.

Tahun lalu, Pangeran Charles menghabiskan 4.96 juta poundsterling untuk aktivitas William, Harry, dan Kate. Jumlah itu naik dari sebelumnya 3,52 juta poundsterling.

Sejak Meghan masuk dalam keluarga ini, terjadi peningkatan sekitar 1.43 juta pounds.

Baca juga: Gaun Neckline Khas Meghan Markle Tak Boleh Dipakai di Royal Ascot

Meski begitu, keluarga kerajaan baru membayari pengeluaran Meghan setelah mereka resmi menikah pada 19 Mei lalu.

Meghan dikabarkan mengeluarkan dana pribadinya sekitar 30.000 dollar AS untuk pakaian yang dipakainya di acara kerajaan.

Naiknya dana belanja pakaian keluarga kerajaan itu ternyata lebih banyak disebabkan karena Pangeran William, Pangeran Harry, dan Kate Middleton kini banyak melakukan tugas kerajaan setelah Ratu Elizabeth mulai mengurangi aktivitasnya.

Lebih banyak tugas kerajaan berarti lebih banyak busana yang harus dibeli. Wajar jika pengeluaran ikut bertambah.

Menurut The Telegraph, Pangeran William membayari pengeluaran itu dari pendapatan yang ia terima dari Duchy of Cornwall (sebuah lahan pribadi yang dimiliki kerajaan sejak era Edward III di tahun 1337).

Walau begitu, tidak semua hal harus dibiayai oleh Pangeran Charles. Untuk biaya perjalanan, dananya berasal dari Ratu dan Sovereign Fund alias aset finansial yang sebenarnya juga didanai pembayar pajak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ELLE
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com