Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/07/2018, 07:00 WIB
Kahfi Dirga Cahya,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Hampir sebagian besar buah dan sayur membusuk sebelum waktunya karena proses penyimpanan yang kurang tepat. Cara penyimpanan yang tidak baik juga bisa membuat makanan segar ini dengan cepat kehilangan nutrisinya.

Dilansir dari Reader’s Digest, berikut tips dan trik menjaga beberapa buah dan sayur agar tetap segar.

  • Berries: Bilas dengan cuka

Ilustrasi buah Berries.Shutterstock Ilustrasi buah Berries.

Sebelum disimpan di lemari es, cuci stroberi, raspberry, dan buah beri lainnya dengan campuran cuka dan air—rasionya 1: 3. 

Cara ini untuk menghindari jamur, sehingga dapat memperpanjang umur simpan hingga sepekan.  Setelah itu, bilas dengan air dan keringkan. 

  • Selada: Simpan dengan paper towel

Pekerja memanen sayuran selada di lahan pertanian hidroponik milik PT Hidroponik Agrofarm Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Jumat (4/8/2017). Sebagian pelaku usaha pertanian setempat menggunakan metode pertanian hidroponik (media tanam air) karena biaya operasional hariannya lebih efisien sekitar 80 persen, produktivitas hampir dua kali lipat, dan dengan harga jual hasil panen yang lebih tinggi dibandingkan pertanian konvensional dengan media tanah.ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRA Pekerja memanen sayuran selada di lahan pertanian hidroponik milik PT Hidroponik Agrofarm Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Jumat (4/8/2017). Sebagian pelaku usaha pertanian setempat menggunakan metode pertanian hidroponik (media tanam air) karena biaya operasional hariannya lebih efisien sekitar 80 persen, produktivitas hampir dua kali lipat, dan dengan harga jual hasil panen yang lebih tinggi dibandingkan pertanian konvensional dengan media tanah.

Simpan sisa daun selada dalam mangkuk dengan paper towel di atasnya. Kemudian tutup dengan bungkus plastik.  Paper towel menyerap kelembapan, yang mengubah daun menjadi basah dan cokelat. 

Pastikan ganti paper towel ketika lembap. Cara lain yang bisa digunakan adalah taburkan daun dengan sedikit garam. 

  • Alpukat: Siram dengan lemon

Ilustrasi alpukatbarmalini Ilustrasi alpukat

Alpukat mengandung enzim yang menghasilkan pigmen coklat ketika terkena oksigen. Itulah mengapa alpukat yang dibelah dua terlihat tidak menarik perhatian apabila tidak segera disimpan. 

Untuk menghindarinya, semprot dengan lemon atau air jeruk nipis. Asam sitrat akan membantu mencegah agar tidak menjadi coklat selama setidaknya satu hari. 

Kamu juga bisa menyimpan irisan alpukat dengan potongan bawang besar. Gas yang membuat perih saat memotong bawang juga berfungsi mencegah oksidasi dalam alpukat. Pastikan bawang diletakkan di kulit alpukat, bukan daging, sehingga tidak mencemari rasa. 

  • Wortel: Simpan dengan air

Wortel modernTTL media/Shutterstock.com Wortel modern

Saat beli wortel, pastikan daun di atasnya sudah terpotong karena bisa mengambil nutrisi di dalam buah oranye itu. 

Untuk penyimpanan, wortel paling baik jika ditempatkan di kelembapan. Karena itu, letakkan dalam wadah yang berisi air, tutup dengan bungkus plastik, dan simpan di kulkas. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com