Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/07/2018, 19:00 WIB
Kahfi Dirga Cahya,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber

KOMPAS.com - Kebotakan adalah salah satu masalah yang kerap dialami pria. Bukan hanya pria paru baya yang menghadapi masalah ini. Bahkan, sekitar dua pertiga pria disebut mulai kehilangan rambut pada pertengahan 30-an.

Ketika tanda-tanda kebotakan mulai muncul, misalnya rambut rontok dan garis rambut di bagian depan kepala mulai mundur, sebagian orang memilih untuk mencukur, sisanya berusaha memerbaiki dengan mencari perawatan untuk menghambat kebotakan. 

Meskipun tak ada ramuan ajaib yang bisa langsung menumbuhkan kembali rambut, Dr Melissa Piliang, M.D., ahli rambut rontok di Cleveland Clinic mengatakan, setidaknya ada lima hal yang masih bisa dilakukan untuk mempertahankan rambut. 

  1. Meditasi dan Latihan

Salah satu penyebab kehilangan banyak rambut adalah stres berkepanjangan. Sebab, stres menempatkan folikel rambut di tahap istirahat, sehingga membuatnya tidak tumbuh lagi.

Piliang menjelaskan, stres juga membanjiri tubuh dengan hormon kortisol, di mana menyebabkan kadar hormon lain berfluktuasi. 

Kondisi ini bisa mempercepat proses kebotakan, terutama jika ada faktor genetis.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengelola stres adalah meditasi.  Cara ini dianggap mudah, karena meditasi dapat dilakukan cuma-cuma dan hanya butuh beberapa menit per hari.

Jika Anda memilih yang lebih berat daripada meditasi, bisa pergi ke gym. 

Sebuah studi tahun 2015 di PLOS One menemukan, pria paruh baya dengan tingkat kebugaran yang tinggi mengeluarkan kortisol 42 persen lebih sedikit.

Baca juga: Yang Dipikirkan Wanita Tentang Pria Botak

  1. Minoxidil (Rogaine)

Obat yang mengandung zat aktif Rogaine tidak akan mengembalikan rambut yang hilang, namun dapat membantu mempertahankan yang tersisa. 

Obat topikal yang disetujui FDA ini meningkatkan aliran darah dan memberikan lebih banyak oksigen dan nutrisi ke folikel rambut.

Rogaine cair dapat menyebabkan iritasi dan meninggalkan lapisan berminyak pada rambut, karena itu Pilian menyarankan untuk memilih dengan busa 5 persen. 

Gosokkan ke kulit kepala di pagi dan malam hari untuk mendapatkan manfaat maksimal.

Bonusnya, berbeda dengan obat oral finasteride (obat lain yang disetujui FDA, dijual sebagai Propecia), minoxidil tidak menyebabkan disfungsi ereksi atau penurunan libido.

  1. Laser

Selain minoxidil dan finasteride, perangkat laser merupakan satu-satunya perawatan rambut rontok lainnya yang disetujui oleh FDA dalam beberapa tahun terakhir. 

Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com