Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/07/2018, 12:32 WIB
Nabilla Tashandra,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com — Kita sering kali tak terlalu memperhatikan kesehatan mata atau cenderung abai.

Jika mata kita memerah, misalnya, kita sering menduga hal itu terjadi karena mata terkena debu atau kotoran. Padahal, bisa jadi itu pertanda masalah yang lebih besar.

Mata tentu membutuhkan perhatian khusus karena tanpanya kita tak bisa melihat. Perhatian dengan masalah mata sejak dini akan menghindarkan kita pada masalah kesehatan yang lebih berat.

Menjaga kesehatan mata tak hanya demi kesehatan mata itu sendiri, melainkan juga untuk menjaga jika ada gejala penyakit lain, seperti tumor, stroke, bahkan kanker.

Para pakar mata merekomendasikan pemeriksaan kesehatan mata setidaknya setiap satu atau dua tahun sekali, sekalipun ketika kita tidak merasa memiliki masalah kesehatan.

Spesialis mata sekaligus profesor Ilmu Mata dan Visual di University of Michigan Kellogg Eye Center, Sayoko Moroi, MD, PhD, mengatakan, bahkan ketika kita sudah cukup rutin memeriksakan mata ke dokter, hal-hal aneh bisa saja tiba-tiba muncul sebagai tanda yang harus diwaspadai.

Baca juga: Seperti Ini Reaksi Mata Saat Terlalu Lama Menatap Layar Ponsel

Berikut adalah lima masalah mata yang sebaiknya tidak disepelekan. Jika kamu mengalaminya, segera periksakan diri ke dokter:

1. Jaring laba-laba dan pantulan sinar

Ilustrasi mata dan kacamatadimarik Ilustrasi mata dan kacamata
Di belakang bola mata terdapat bagian yang disebut vitreous body yang memiliki konsistensi seperti putih telur.

Seiring bertambahnya usia, bagian tersebut menjadi semakin cair dan akan mengambang. Cairan tersebut sering kali terlihat seperti jaring laba-laba atau noda pada pengelihatan.

Hal ini tak berbahaya dan kamu mungkin mengalaminya satu atau dua kali. Namun, jika kamu merasa cairan mengambang tersebut semakin lama semakin banyak, cobalah memeriksakan diri ke dokter.

Itu bisa jadi menandakan bahwa retina dan pembuluh darah di mata robek. Jika kamu juga melihat pantulan sinar, itu bisa jadi merupakan gejala pelepasan retinal yang bisa menyebabkan kebutaan.

Baca juga: Kebiasaan Menggosok Bisa Bikin Infeksi dan Mata Tampak Tua

Dokter nantinya akan memberikanmu perawatan, bergantung pada lokasi dan ukuran robekan tersebut.

2. Mata sakit atau terasa terbakar

Ilustrasi mata lelahRostislav_Sedlacek Ilustrasi mata lelah
Peradangan atau iritasi mata menurut Moroi adalah masalah yang sering terjadi. Hal itu bisa berujung pada gatal di bagian mata atau rasa seperti terbakar. Ini biasa disebut blefaritis atau radang kelopak mata.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com