Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Merasa Lebih Bahagia? Lakukan 5 Kebiasaan Ini

Kompas.com - 24/07/2018, 17:15 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Diliputi kebahagiaan setiap harinya pasti menjadi keinginan semua orang. Pasalnya, kebahagiaan dapat membawa berbagai pengaruh positif pada kehidupan sehari-hari.

Saat bahagia, kita akan lebih produktif dalam bekerja dan lebih banyak tersenyum sehingga aura positif akan terpancar. Tanpa disadari, ada berbagai kebiasaan sederhana yang bisa membuat kita bahagia setiap hari. Apakah itu?

1. Belajar bersyukur

Ilustrasi bersyukurLuckyBusiness Ilustrasi bersyukur
Hal termudah agar lebih bahagia tetapi tidak semua orang mampu melakukannya yaitu bersyukur.

Bersyukur berarti berterima kasih atas semua yang kita miliki, lalui, dan juga rasakan. Jangan bingung, tidak semua hal yang perlu disyukuri adalah hal-hal besar yang mengubah jalan hidup.

Namun belajarlah untuk bersyukur untuk hal-hal kecil dan sederhana yang kita alami sehari-hari. Misalnya, hari yang cerah sehingga kita tidak perlu kehujanan saat berangkat bekerja, atau tubuh yang sehat setiap harinya.

Untuk membiasakannya, cobalah untuk mengingat tiga hal yang perlu disyukuri setiap harinya. Bisa kamu tulis di catatan harian atau sekedar mengingatnya sebelum tidur.

Selain membuat lebih bahagia, penelitian yang dilakukan di tahun 2012 dan diterbitkan dalam Personality and Individual Differences, menyatakan orang yang bersyukur lebih jarang sakit.

Selain itu, orang yang selalu bersyukur juga akan memiliki empati yang lebih pada orang lain, dapat tidur lebih nyenyak, hingga meningkatkan harga diri.

Baca juga: Bagaimana Mengajarkan Anak untuk Bersyukur?

2. Menjadi pribadi yang positif

Ilustrasi pria tersenyumdangrytsku Ilustrasi pria tersenyum
Salah satu penyebab tidak bahagia ialah terlalu banyak hal yang kurang baik ‘menempel’ pada diri, entah itu perilaku atau kebiasaan yang negatif.

Nah untuk melawannnya kita perlu menumbuhkan sikap positif. Memiliki sikap yang lebih positif dapat menurunkan tingkat depresi, kecemasan, meningkatkan kesehatan fisik, dan berumur lebih panjang karena tak hanya fisik yang sehat tetapi juga mental.

Cobalah membuat komitmen dengan diri sendiri untuk melawan semua hal yang kurang baik dalam pikiran. Gantilah dengan sikap maupun pemikiran yang positif.

Berpikir dan bersikap positif berarti mengatasi kendala yang kita alami dengan cara yang lebih baik. Bukan berpikiran yang buruk-buruk, tetapi justru memikirkan segala hal baik di tengah kesulitan yang sedang dialami.

Untuk menjadi pribadi yang lebih positif, cobalah mulai hari dengan memberikan senyuman pada orang-orang di sekitar kita.

Baca juga: Rasa Empati Mempercepat Kesembuhan Penyakit

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com