Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/07/2018, 11:37 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

KOMPAS.com - Tumbuh kembang anak yang optimal tidak hanya datang dari nutrisi, tetapi juga kebersihan atau higienitas.

"Apapun makanan yang kita berikan pada bayi, kebersihan adalah nomor satu. Baik kebersihan makanan bayi, maupun peralatan makannya,” kata dokter spesialis anak Natia Anjasari dalam acara peluncuran kampanye 1000 Hari Perlindungan yang digelar oleh Sleek Baby di Jakarta (23/7).

Dua penyakit yang sering diderita bayi, yaitu diare dan infeksi saluran napas atas (ISPA) mayoritas disebabkan karena kebersihan yang kurang terpelihara.

"Meski asupan nutrisi bayi bagus, semuanya percuma bila bayi sakit-sakitan, karena nutrisi yang masuk terbuang percuma, atau hanya dipakai untuk penyembuhan. Pada akhirnya, risiko stunting mengintai," ujar dokter dari RS Brawijaya Women and Children Hospital Jakarta ini.

Kebersihan yang utama menurut dr.Natia adalah kebersihan tangan. Kebiasaan ini wajib dimiliki orangtua atau pengasuh bayi, terutama sebelum memegang bayi, setelah membersihkan bayi, serta sebelum dan setelah memberikan makanan pada bayi.

Dr. Natia menyayangkan, banyak anak yang sakit hanya karena hal sepele. Misalnya karena orangtua lupa cuci tangan, atau anak memasukkan mainan dan dot yang sudah jatuh ke mulutnya, tanpa dibersihkan dulu.

“Itu yang paling sedih. Anak sudah dapat ASI dan MPASI bagus, tapi sakit-sakitan karena kebersihannya kurang,” tuturnya.

Dengan kebersihan yang baik, bayi pun akan memiliki daya tahan tubuh yang prima.

Lidwina Natalia, Brand Manager Sleek menjelaskan, Sleek Baby mengutamakan ketenangan dan kenyamanan hati para ibu. Oleh karenanya, Sleek Baby meluncurkan kampanye Perlindungan Hari Pertama.

“Perlindungan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan para ibu mengenai 1000 hari pertama yang sangat berharga, apa perlindungan terbaik yang perlu dilakukan, serta rangkaian produk perlindungan yang paling tepat dan aman,” jelas Lidwina.

Ia menjelaskan, Sleek Baby memiliki rangkaian produk yang bisa mendukung upaya perlindungan bagi bayi, mulai dari produk sabun cuci tangan, pembersih botol dan alat makan, sabun, hingga detergen khusus bayi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com