Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gawai Berdampak Buruk, Pemerintah Kaji Regulasi Pembatasan

Kompas.com - 26/07/2018, 17:00 WIB
Nabilla Tashandra,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah berencana menyusun regulasi penggunaan gawai di kalangan anak-anak dengan melibatkan empat kementerian.

Empat kementerian tersebut adalah Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, serta Kementerian Agama.

Menteri PPPA Yohana Yembise menuturkan, penggunaan gawai secara berlebihan membawa sejumlah dampak buruk.

Mulai dari berkurangnya konsentrasi, gangguan perkembangan psikomotorik, menurunnya daya memori dan berpikir, hingga lemahnya kemampuan berpikir analitis dan kritis anak.

"Regulasi ini sedang dalan proses. Setelah ini kami akan mengundang menteri-menteri terkait untuk duduk bersama melihat seperti apa ketetapan atau kebijakan yang harus kita buat bersama, sehingga muncul suatu surat Keputusan Menteri Bersama."

Demikian penjelasan Yohana saat ditemui seusai seminar bertajuk "Internetku Baik, Internetku Asyik" di Wisma Antara, Jakarta Pusat, Kamis (26/7/2018).

Dalam waktu dekat, Yohana dan jajarannya berencana terlebih dahulu menyusun Peraturan Menteri.

Dalam penyusunan regulasi pembatasan penggunaan gawai, akan dilakukan diskusi publik dengan meminta masukan sejumlah pihak. Mulai dari lembaga swadaya masyarakat, pimpinan agama, akademisi, dan kementerian/lembaga terkait.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Yohana Yembise dalam seminar bertajuk Internetku Baik, Internetku Asyik di Wisma Antara, Jakarta Pusat, Kamis (26/7/2018).KOMPAS.com/Nabilla Tashandra Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Yohana Yembise dalam seminar bertajuk Internetku Baik, Internetku Asyik di Wisma Antara, Jakarta Pusat, Kamis (26/7/2018).

"Kami kaji dari segala sisi. Kesehatan, penggunaan waktu mereka di rumah, sekolah, bagaimana hubungan dengan orangtua di rumah, di sekolah seperti apa."

"Banyak variabel yang akan kami gunakan," tutur dia.

Yohana turut menyinggung langkah Pendiri Microsoft, Bill Gates yang melarang anak-anaknya menggunakan gawai sebelum berusia 14 tahun.

Ia menilai hal yang diterapkan Bill Gates bisa dipertimbangkan.

"Ini yang membuat teknologi. Karena mereka sudah tahu bahayanya, maka (anak-anak Bill Gates) usia 14 tahun baru dikasih gawai," kata Yohana.

Di kesempatan yang sama, Sekretaris Menteri PPPA, Pribudiarto Nur Sitepu menuturkan, eksekusi dari regulasi tersebut nantinya akan melibatkan lebih dari empat kementerian.

Menkominfo Rudiantara dan Menteri PPPA Yohana Yembise dalam seminar bertajuk Internetku Baik, Internetku Asyik di Wisma Antara, Jakarta Pusat, Kamis (26/7/2018). KOMPAS.com/Nabilla Tashandra Menkominfo Rudiantara dan Menteri PPPA Yohana Yembise dalam seminar bertajuk Internetku Baik, Internetku Asyik di Wisma Antara, Jakarta Pusat, Kamis (26/7/2018).

Dalam beberapa kasus tertentu, penggunaan gawai secara berlebihan pun, menurut dia, sudah bisa dikategorikan setara dengan penyalahgunaan Narkotika, Psikotropika dan Zat Aditif lain (NAPZA).

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com