Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/07/2018, 19:09 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

KOMPAS.com - Bukan hanya membuat rileks, tapi masker adalah pelengkap dari rangkaian skincare yang kita lakukan secara rutin.

Kita juga bisa mengurangi berbagai permasalahan kulit dengan memilih masker yang tepat.

Menurut beauty influencer Affi Assegaf, ada banyak manfaat dari pemakaian masker, mulai dari membersihkan kulit, menghidrasi, hingga membuat rileks.

"Fungsi dari masker sebenarnya sama seperti "deep cleansing" atau menyerap kotoran dari pori-pori wajah.Biasanya masker yang bentuknya clay atau charcoal," kata Affi di sela acara peluncuran Veocel di Jakarta (20/7).

Untuk masker jenis clay ini disarankan untuk dipakai hanya seminggu sekali.

"Kalau terlalu sering dipakai maka kelembaban alami kulit ikut terserap sehingga kulit jadi kering," ujar Affi yang mengaku rutin memakai sleeping mask ini.

Memakai masker setiap hari menurut Affi boleh saja, tergantung pada kondisi kulit dan respon kulit.

"Fungsi pakai masker juga rileksasi. Walau tidak terlihat langsung ke kulit tapi saling berhubungan. Kalau secara emosional kita rileks, pasti bagus juga untuk kulit," papar co-founder situs Femaledaily ini.

Ia menambahkan, masker juga memiliki kegunaan sebagai pelengkap skincare kita. Misalnya jika kita rutin memakai serum untuk mencerahkan kulit tapi kurang melembabkan, maka kita bisa memilih masker untuk menghidrasi kulit.

Walau saat ini sudah tersedia masker dalam berbagai bentuk yang siap digunakan, namun tak sedikit wanita yang menyukai masker alami yang dibuat sendiri di rumah.

Menurut Affi, tidak ada masalah dengan jenis masker yang dipakai.

"Sekali lagi semua tergantung kulit kita. Ada yang merasa pakai bahan alami efeknya lebih bagus, ada yang biasa saja," katanya.

Masker yang beredar di pasaran, menurut Affi, kebanyakan sudah diformulasikan sedemikian rupa sehingga kita mendapat manfaat dari kandungannya.

"Sudah diformulasikan khusus, misalnya selain mencerahkan juga melemabkan, atau membuat kemerahan di kulit berkurang. Selain itu juga lebih praktis," katanya.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com