Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/07/2018, 18:38 WIB
Ariska Puspita Anggraini,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Melakukan swafoto alias selfie memang telah menjadi alat ekspresi universal. Demi mendapatkan foto yang unik, banyak orang rela melakukan selfie dengan gaya yang konyol, bahkan dilakukan di tempat berbahaya.

Meski selfie sering dikaitkan dengan perilaku narsis, namun berfoto sendiri ternyata juga punya manfaat positif. Itu menurut survei terbaru yang dilakukan produk kebugaran FitRated untuk mengetahui bagaimana pengaruh media sosial terhadap citra diri penggunanya.

Survei diikuti oleh 1.000 orang Amerika yang dibagi dalam tiga kelompok, yaitu bukan pengguna media sosial, pengguna biasa, dan pengguna aktif.

Pengguna aktif media sosial ini menghabiskan minimal tiga jam waktu untuk menelusuri media sosial dan mengunggah foto selfie tiga atau lebih per bulan.

Pengguna biasa dalam sehari rata-rata menghabiskan satu sampai dua jam di media sosial dan mengunggah satu hingga dua foto selfi per bulan.

Hasil survei menunjukan semakin banyak waktu yang dihabiskan untuk media sosial, semakin kita fokus pada penampilan fisik. Kita juga cenderung membandingkan diri dengan orang lain.

Namun, di lain pihak pengguna media sosial, baik pengguna biasa dan aktif, setuju jika mengunggah banyak foto selfie membuat harga diri mereka lebih tinggi.

Hal ini juga dibarengi oleh kepuasan yang lebih tinggi dengan penampilan diri keseluruhan mereka.

Dengan kata lain, selfie bisa berdampak possitif pada harga diri kita. Tapi, ini berlaku jika kita mengambil foto dan mempostingnya dnegan sikap yang benar.

Baca juga: Kurang Percaya Diri? Cobalah Olahraga Teratur...

"Selfie bisa menjadi aksi untuk memotivasi cinta pada diri dan penguat harga diri yang besar," kata juru bicara dari FitRated.

Namun, jika kita adalah tipe orang yang menempatkan penilaian dari orang dan teman lebih penting daripada diri sendiri, maka gemar berswafoto hanya berdampak negatif.

Jujurlah pada diri sendiri apa alasan kita selfie, apakah untuk membuat diri merasa lebih baik, untuk 'bersaing' dengan teman, atau untuk mengekspresikan perasaan bahagia pada waktu tertentu.

Bila kita hanya mengambil selfie hanya untuk mendapat pengakuan dari orang, sesungguhnya kita sedang merasa tidak aman.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com