Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/08/2018, 10:57 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Hampir semua orang mungkin pernah punya jerawat. Sebenarnya, jerawat adalah kondisi kulit yang meradang akibat kelenjar sebacous (kelenjar minyak) terinfeksi oleh bakteri, sehingga membengkak, dan terisi oleh kotoran.

Banyak krim dan obat di pasaran yang dapat menyembuhkan jerawat, tetapi semua produk ini butuh waktu. Padahal, ada banyak metode alami yang efektif untuk menghilangkan jerawat dengan cepat. Apa sajakah?

1. Pakai tea tree oil

Ilustrasi tea tree oil Amy_Lv Ilustrasi tea tree oil
Minyak pohon teh atau tea tree oil adalah minyak yang diekstrak dari daun pohon Melaleuca alternifolia, tanaman asli Australia.

Minyak ini terkenal karena kandungan di dalamnya yang bisa melawan bakteri dan mengurangi peradangan di kulit. Tea tree oil secara khusus bisa menghilangkan jerawat dengan cepat karena bisa membantu melawan bakteri penyebab jerawat seperti P. acnes dan S. epidermidis.

Dikutip dari Healthline, sebuah studi menemukan bahwa 5 persen gel di minyak pohon teh hampir empat kali lebih efektif dalam mengurangi jerawat dan hampir enam kali lebih efektif dalam mengurangi peradangan pada jerawat dibanding obat-obatan.

Sedangkan dalam penelitian lain, gel yang mengandung 5 persen minyak pohon teh terbukti sama efektifnya dalam mengurangi jerawat, sebanding dengan keampuhan obat jerawat yang mengandung 5% benzoyl peroxide.

Baca juga: Ciri-Ciri Jerawat Terinfeksi, Plus Cara Mengatasinya

Cara menghilangkan jerawat dengan tea tree oil:

  • Campurkan satu tetes tea tree oil dengan 9 tetes air.
  • Celupkan kapas ke dalam campuran dan oleskan langsung ke jerawat.
  • Setelahnya, kamu juga bisa mengoleskan pelembab
  • Ulangi proses ini satu hingga dua kali per hari, sesuai kebutuhan.

2. Pakai teh hijau

ilustrasi teh hijauKMNPhoto ilustrasi teh hijau
Teh hijau digadang-gadang sebagai minuman yang punya banyak manfaat bagi kesehatan, seperti bikin tidur lebih nyenyak dan badan rileks. Namun tidak hanya itu, teh hijau bisa menjadi bahan alami sebagai cara menghilangkan jerawat dengan cepat.

Teh hijau mengandung flavonoid dan tanin, yang diketahui dapat membantu melawan peradangan dan bakteri yang dapat menyebabkan jerawat.

Teh hijau juga terkenal tinggi kandungan antioksidan epigallocatechin-3-gallate (EGCG), yang telah terbukti dapat melawan peradangan, mengurangi produksi sebum dan menghambat pertumbuhan bakteri P. acnes pada orang dengan kulit berjerawat.

Baca juga: Benarkah Teh Hijau Efektif Menghilangkan Jerawat?

Cara menghilangkan jerawat dengan cepat pakai teh hijau

  • Rebus teh hijau dalam air mendidih selama 3-4 menit.
  • Biarkan teh menjadi dingin.
  • Oleskan ke wajah dengan kapas atau semprot teh hijau ke wajah menggunakan botol semprot.
  • Biarkan selama 10 menit atau semalam, lalu bilas wajah dengan air.
  • Lakukan 1–2 kali per hari, sesuai kebutuhan. Teh ini dapat disimpan di kulkas hingga dua minggu.

3. Pakai lidah buaya

Ilustrasi lidah buaya Kameliq Ilustrasi lidah buaya
Lidah buaya adalah tanaman yang daunnya berisikan gel yang penuh khasiat. Ketika dioleskan ke kulit, gel lidah buaya terbukti membantu melawan bakteri, mengurangi peradangan dan mempercepat luka jerawat.

Tanaman ini juga mengandung lupeol, asam salisilat, nitrogen urea, asam cinnamonic, fenol dan sulfur. Semua kandungan tersebut dapat menghambat bakteri yang dapat menyebabkan jerawat

Selain sebagai cara menghilangkan jerawat dengan cepat, lidah buaya juga dapat digunakan untuk berbagai kondisi kulit termasuk psoriasis, ruam, dan luka bakar.

Sebuah studi menemukan bahwa menggunakan gel lidah buaya dengan krim tretinoin dirasa lebih efektif dalam membersihkan jerawat daripada hanya menggunakan krim tretinoin saja. Krim tretinoin adalah obat jerawat yang berasal dari vitamin A (21).

Baca juga: 4 Cara Memakai Lidah Buaya untuk Mengobati Jerawat

Cara menggunakan lidah buaya untuk jerawat:

  • Ambil gel lidah buaya
  • Oleskan gel pada kulit bersamaan dengan krim perawatan jerawat lainnya.
  • Ulangi 1–2 kali per hari, sesuai keinginan.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com