Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/08/2018, 09:04 WIB
Nabilla Tashandra,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com — Ketika kita stres, semua keistimewaan yang kita miliki seolah tak ada artinya, termasuk anugerah berupa "kehidupan" yang kita masih miliki.

Itu hanya satu dari sekian banyak hal yang bisa kita syukuri dalam kehidupan, daftarnya masih sangat panjang jika mau ditambahkan.

Faktanya, bersyukur memang bisa mengubah pandangan kita secara luas.

Director of Center for Functional Medicine, Maek Hyman, MD melalui laman Cleveland Clinic, menyampaikan, banyak studi menunjukkan bahwa bersyukur akan membuat kita menerima diri sendiri dan apa yang kita miliki.

Tak hanya itu, bersyukur bisa meningkatkan kualitas hidup kita dengan mengurangi depresi dan kecemasan, menurunkan risiko penyakit, serta memenuhi otak dengan serotonin, hormon yang membuat kita merasa bahagia.

Di tengah hidup yang penuh halangan ini, mempraktikkan rasa syukur bisa membantu mengolah rasa ketenangan dan kebahagiaan.

Bagaimana caranya?

1. Catat lewat buku harian

Kamu boleh mencatatnya lewat buku harian fisik, aplikasi atau medium apa pun yang paling cocok. Tuliskan apa saja hal-hal baik yang terjadi di hidupmu pada pagi hari dan sebelum tidur.

Kebiasaan ini mungkin sepele, tapi manfaatnya bukan hanya akan membuatmu merasa tenang, tapi juga membuat tidur lebih nyenyak.

2. Mengucapkan terima kasih

Kita semua memiliki setidaknya seseorang yang membuat hidup kita lebih baik lewat cara tertentu.

Hubungilah dia dan tuliskan pesan yang mengungkapkan betapa pentingnya mereka di kehidupanmu. Selain membuat harimu lebih bahagia, ini akan membuat hari orang yang kamu sayangi juga lebih bahagia.

3. Lakukan hal baik

Sebuah studi menunjukkan, altruisme membuat hidup kita lebih baik, meningkatkan kesehatan, dan juga membuat panjang umur.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com