Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demi Orang Terkasih, Hindari Mengecek Email Usai Pulang Kantor

Kompas.com - 14/08/2018, 11:10 WIB
Ariska Puspita Anggraini,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Hidup memang perlu kerja keras. Tapi, riset terbaru mengatakan memeriksa email setelah jam kantor akan berdampak negatif.

Dampak negatif tersebut tak hanya berimbas pada kesehatan, tapi juga hubungan kita dengan orang-orang terdekat. Dilansir dari Independent, riset ini dilakukan peneliti dari Virginia Tech.

Periset mensurvei kesehatan 297 karyawan di universitas dan menemukan mereka semua memiliki tingkat kecemasan yang dapat merusak kesehatan.

Masalahnya, sangat sedikit dari mereka yang tidak menyadari adanya peningkatan kecemasan ketika mencampuradukkan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi.

Baca juga: Jam Kerja yang Terlalu Lama Meningkatkan Risiko Kelainan Jantung

Hasil riset menunjukan, kegiatan sederhana seperti memeriksa email di rumah, ketika usai jam kantor, membuat kita cenderung bekerja lebih atau menjadi gelisah karena merasa ada pekerjaan yang belum selesai.

Selain itu, pimpinan yang mengharapkan staf untuk selalu mengaktifkan ponsel atau memeriksa email walau sudah di rumah, juga menjadi indikator peningkatan kecemasan.

Celakanya, hal tersebut tak hanya menyebabkan stres dan kecemasan dari individu.

Pasangan dan anak-anak kita turut terkena dampaknya saat menyaksikan diri kita secara psikologis tak dapat melepaskan diri dari pekerjaan.

Baca juga: 6 Tanda Kerja Terlalu Lelah dan Butuh Piknik

"Tuntutan antara pekerjaan dan kehidupan di luar kerja memunculkan dilema bagi karyawan, yang memicu perasaan cemas dan membahayakan kehidupan pribadi," kata William Becker, salah satu periset dalam penelitian ini.

Menurutnya, riset ini mengekspos realitas, bahwa ‘batas kerja fleksibel’ sering keterusan menjadi ‘kerja tanpa batas’.

Pada akhirnya, kaburnya batasan tersebut mengorbankan kesehatan dan kesejahteraan pekerja dan keluarga mereka.

Untuk mengatasi hal ini, Becker menyarankan agar pemilik perusahaan secara bijaksana memberi kesempatan pada karyawannya untuk memikirkan keluarga atau memiliki waktu tanpa diganggu pekerjaan.

Baca juga: Kerja 4 Hari Seminggu, Produktivitas Karyawan Meningkat

Lalu untuk mengurangi kebiasaan memeriksa email di luar waktu kerja, ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk mengatasinya.

Pertama, kita bisa menghapus akses ke email kerja dari ponsel kita sepenuhnya, agar tak tergoda untuk memeriksa email yang terkait pekerjaan.

Atau, jika tak ingin menghapusnya, kita bisa menghilangkan notifikasi dari ponsel sehingga kita tak terganggu jika ada email yang masuk.

Hasil riset ini dipublikasikan setelah Mental Health Foundation menyerukan adanya perubahan sosial yang terkait dengan kesehatan mental.

Hal tersebut juga datang bersamaan denganajakan bagi perusahaan agar turut memberantas stres dan risiko kesehatan mental yang sama seriusnya dengan kesehatan fisik dan keselamatan.

Ini semua bertujuan agar para karyawan memiliki hidup yang lebih baik.

Baca juga: 4 Pola Pikir Salah yang Sering Dilakukan Si Pecandu Kerja 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com