Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/08/2018, 13:30 WIB
Ariska Puspita Anggraini,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kesepian ternyata bisa menyebabkan peningkatan jumlah orang tua yang menderita kelaparan dan kekurangan gizi.

Berdasarkan riset, epidemi kesepian mengakibatkan banyak orang makan sendirian. Dan, hampir 1,2 juta orang berusia di atas 75 tahun mengalaminya.

Hampir seperlima orang berusia di atas 75 tahun wafat setelah tiga bulan atau lebih hidup tanpa seseorang untuk makan bersama.

Dan, satu dari 10 orang mengaku mereka kurang nafsu makan karena tak ada teman untuk makan bersama.

Baca juga: Sering Makan Sendirian Bisa Membunuhmu Perlahan

Dilansir dari laman Express, riset ini dilakukan oleh pusat penelitian penuaan dan dementia, Bournemouth University, Inggris.

Survei dilakukan terhadap 1.013 orang berusia di atas 50 tahun. Hasil survei menemukan lebih dari seperempat orang berusia 75 tahun percaya mereka tidak membutuhkan makanan sebanyak dulu.

Sekitar 20 persen orang memasak makanan mereka sendiri dan lebih dari sepertiga secara teratur melewatkan waktu makan, dengan sembilan persen melakukannya setiap hari.

Sekitar 1,3 juta orang yang lebih tua di Inggris kekurangan gizi atau berisiko malnutrisi. Menurut lapioran NHS, fenomena ini menghabiskan biaya sekitar 19 miliar pondsterling atau Rp 354 triliun per tahun.

Baca juga: Ternyata, Makan Sendirian Pangkal Ketidakbahagiaan Terbesar...

Profesor Jane Murphy, selaku periset, mengatakan selama ini orang menganggap penurunan berat badan dan menjadi lemah adalah hal wajar terjadi pada orang berusia lanjut. Namun, semua itu tak selamanya benar.

"Malnutrisi sebagian besar dapat dicegah dan diobati, namun masalah yang terus berkembang pada populasi yang menua ini sering dibayangi oleh masalah kesehatan obesitas," paparnya.

Caroline Abrahams, direktur amal di Age UK, badan amal yang berfokus pada orang-orang berusia lanjut, mengatakan banyaknya orang lanjut usia yang makan sendirian adalah hal yang memilukan.

Baca juga: Kesepian, Fenomena Kekinian yang Menghantui Kehidupan

"Kita yang menikmati makanan bersama orang lain memiliki salah satu kesenangan sederhana dalam hidup," kata dia.

Hingga saat ini masih banyak masalah kekurangan gizi dan dehidrasi pada orang lanjut usia. Hal ini sering tidak disadari oleh orang tua, keluarga atau profesional perawatan kesehatan.

"Risiko kurang gizi meningkat secara signifikan seiring bertambahnya usia dan semakin diperumit oleh asumsi yang salah bahwa turunnya berat badan adalah bagian normal dari proses penuaan," tambahnya.

Para ahli mengatakan kesepian, isolasi dan depresi mengakibatkan orang berusia lanjut kehilangan motivasi makan dan memasak untuk diri mereka sendiri.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com