Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/08/2018, 13:50 WIB
Nabilla Tashandra,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber SELF

KOMPAS.com - Foundation adalah tahapan kunci dari rutinitas kecantikan banyak orang. Oleh karena itu, penting untuk menemukan foundation yang tepat.

Jenis foundation amat beragam. Mulai dari foundation cair, batang, matte, dewy, hingga formula khusus jenis kulit tertentu.

Tapi, tidak hanya memilih tekstur dan warnanya, ternyata cara pengaplikasian juga berbeda-beda untuk setiap jenis kulit.

Kulit kering

Orang-orang dengan tipe kulit kering memproduksi sebum (minyak) lebih sedikit. Hal ini membuat kulit mereka lebih sulit untuk lembab

Jadi, penting bagi pemilik kulit kering untuk memilih produk yang menawarkan hidrasi lebih. Untuk kulit kering, pilihlah foundation cair, krim atau minyak.

"Ini akan dengan lembut dapat diaplikasikan pada area-area yang kasar dan memberikan efek berkilau pada kulit," ujar makeup artist Suzy Gersteintells.

Sebelum mengaplikasikan foundation, haluskan permukaan kulit terlebih dahulu menggunakan pelembab wajah.

"Rawat wajah dengan pelembab dan hydrating mask sebelum mengaplikasikan foundation," kata dia.

Untuk mendapatkan permukaan kulit wajah yang lembut, makeup artist Ashleigh Ciucci merekomendasikan pengaplikasian menggunakan jari. Sehingga, minyak yang terkandung pada jari akan menghapuskan permukaan kering di kulit.

Untuk mengatasi tampilan kusam pada wajah kering, Ciucci menganjurkan pengaplikasian foundation menggunakan sponge basah agar mendapat kilauan ekstra.

Jika pada siang harinya kamu menyadari kulitmu kembali kering, aplikasikan soothing face mist di atas permukaan foundation. Face mist akan meresap melalui makeup dan mampu melembabkan wajah hanya dengan tahapan yang praktis.

Baca juga: Pilihan Foundation untuk Kulit Kering

Kulit berminyak

Kebalikan dengan pemilik kulit kering, pemilik kulit berminyak memproduksi sebum secara berlebihan. Hal ini akan membuat kulit menjadi licin dan nampak berkilap. Mengaplikasikan foundation pun menjadi tantangan tersendiri.

Untuk meminimalisasi kilap wajah karena minyak tersebut, pilihlah foundation dengan formula water-based, tabur atau matte-finish.

Halaman:
Sumber SELF
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com