Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pharrell Williams SolarHu, Inspirasi Budaya Lari di Afrika

Kompas.com - 15/08/2018, 18:50 WIB
Wisnubrata

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak orang menemukan kedamaian dalam berlari. Ini bukan tanpa sebab. Saat berlari kita bernafas secara teratur dan fokus pada gerakan atau aktivitas pada saat itu, mirip saat melakukan meditasi.

Karenanya berlari dan beberapa olahraga lain sering digunakan sebagai terapi untuk menghilangkan stres. Dengan berlari, orang menjadi lebih gembira, lebih semangat, dan pada gilirannya mampu mengubah hidup menjadi lebih baik.

Inilah keyakinan yang dimiliki adidas Originals dan Pharrell Williams saat melanjutkan kolaborasi sneakers seri Hu, bahwa lewat olahraga, kita semua punya kemampuan mengubah hidup: through sport, we all have the power to transform lives.

Dalam mendeskripsikan koleksi ini --walau bukan sepatu lari-- Pharrell mengambil inspirasi dari sifat meditatif yang damai dalam berlari, sekaligus perasaan gembira yang didapat.

Tak heran jika sepatu-sepatu dalam koleksi ini tampil dalam warna-warna berani, pola yang tegas, serta dalam gaya Afrika Timur, di mana berlari sangat tertanam dalam budaya.

Pharrell Williams SolarHuNUREG GmbH Pharrell Williams SolarHu
Mengambil warna-warna terang yang sering dipakai suku-suku di Afrika, koleksi ini diekspresikan ke dalam warna seperti aqua, merah, kuning, hijau, dan ungu.

Lalu untuk memberi sensasi seperti rajutan dan hiasan suku-suku di sana, bahan Primeknit di bagian atas sepatu pun dirancang ulang dengan gaya dan corak tradisional.

Sneakers seri The Pharrell Williams SOLARHU NMD ini, selain unik karena benturan warnanya, juga menampilkan slogan seperti "MOTHER" dan "LAND" atau "EMPOWER" dan "INSPIRE" atau kata-kata dalam bahasa Swahili "MIELE" (selamanya) dan "MBELE" (maju), semua dijabarkan dalam teks alfanumerik.

Pharrell Williams SolarHuNUREG GmbH Pharrell Williams SolarHu
Agar lebih menarik, sistem pengikatan tali pada sepatu ini bisa disesuaikan keinginan masing-masing pemakainya lewat lace cage TPU yang diwujudkan dalam warna-warna komplementer.

Tak ketinggalan adalah ciri NMD yakni midsole Boost untuk memberi rasa empuk, ringan dan nyaman.

Selain NMD, adidas menghadirkan juga Tennis Hu dengan inspirasi Afrika Timur. Variasi pola dari bagian atas sneakers ini merupakan Primeknit yang dirancang seperti tampilan produk handmade.

adidas Tennis HuNUREG GmbH adidas Tennis Hu
Sepatu ini menggunakan EVA midsole, suede overlay di bagian tumit dan toebox, mekanisme lacing yang unik, dan lace holders atau tempat mengikat tali sepatu, yang dilapisi kulit.

Mengenai rancangan ini Pharrell Williams menjelaskan, “Afrika adalah benua yang indah dan asal peradaban. Berlari adalah suatu bentuk meditasi. Mengapa tidak kembali ke asal dan mengambil inspirasi dari budaya yang begitu hidup dan kaya? Mengapa tidak menciptakan penghargaan untuk olahraga yang luar biasa ini?”

Adapun koleksi Pharell Williams SOLARHU akan tersedia mulai 18 Agustus 2018 eksklusif di toko online resmi adidas Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com