Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Manfaat Bermain di Alam Bebas untuk Tumbuh Kembang Anak

Kompas.com - 21/08/2018, 10:40 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Perkembangan teknologi, terutama ponsel dan permainan elektronik, membuat anak-anak semakin jauh dari alam bebas.

Meningkatnya ketakutan orang tua terhadap penyakit dan bahaya bermain di luar juga merupakan faktor lainnya. Padahal, sepanjang sejarah manusia, anak-anak tumbuh dalam lingkungan alam bebas.

Tubuh anak pun sebenarnya sudah dirancang untuk siap beradaptasi di alam bebas. Karena itulah saat ini banyak yang menawarkan terapi alam (ecotherapy) untuk anak-anak.

Terapi alam juga dikenal dengan sebutan terapi lingkungan, terapi hijau, dan istilah lain yang serupa. Terapi ini telah terbukti mampu memperbaiki mood, mengurangi kecemasan, stres, dan depresi, serta meningkatkan kebugaran tubuh anak.

Dalam terapi alam, anak didorong untuk menghabiskan waktu di taman, kebun, ruang hijau terbuka, pantai, pegunungan, dan lingkungan alami lainnya. Saat berada di alam bebas, anak juga dianjurkan untuk beraktivitas fisik seperti bermain dan menjelajahi lingkungannya.

Kita sebenarnya tidak perlu minta bantuan terapis khusus atau mendaftarkan anak ikut program tertentu, kok. Terapi alam bisa dilakukan sendiri bersama keluarga. Misalnya dengan liburan ke gunung dan pantai atau dengan cara main di taman terbuka setiap sore.

Ilustrasi anak bermainSasiistock Ilustrasi anak bermain

Baca juga: Biarkan Anak Bermain Bebas Sendiri

Namun, benarkah hal ini bermanfaat? Rupanya, sejumlah penelitian telah membuktikan kalau bermain di alam bebas mendatangkan berbagai efek positif bagi kesehatan fisik dan mental anak. Apa saja manfaatnya?

1. Memperbaiki pola tidur anak

Pancaran sinar matahari alami membantu anak-anak tetap segar di siang hari dan membuatnya lebih mudah untuk tidur di malam hari. Pengobatan yang diketahui efektif untuk masalah tidur di malam hari adalah dengan terapi paparan sinar matahari pagi yang dapat mengatur ritme sirkadian.

Ritme sirkadian atau jam biologis adalah jadwal kerja organ-organ tubuh secara alami. Ritme sirkadian inilah yang juga mengatur siklus bangun dan tidur manusia.

2. Meningkatkan energi

Sebuah penelitian yang dimuat dalam Journal of Environmental Psychology tahun 2010 menemukan bahwa berada di alam meningkatkan semangat, kebahagiaan, dan energi.

Selain itu, bermain di luar dan melakukan aktivitas-aktivitas menantang seperti memanjat, melompat, atau berlari terbukti meningkatkan kebugaran, kekuatan tulang, dan fleksibilitas otot anak.

Anak yang sering menghabiskan waktu di alam juga tentu jadi lebih sering bergerak dan berolahraga daripada anak yang lebih sering diam di dalam rumah.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menganjurkan anak-anak berusia 5 sampai 17 tahun untuk melakukan aktivitas fisik sedang hingga berat selama paling tidak satu jam setiap harinya.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com