Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/08/2018, 07:39 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

KOMPAS.com - Banyak wanita merasa terganggu dengan pori-pori wajahnya yang besar. Walau demikian, harus dipahami bahwa kita tidak bisa mengecilkan diameter pori wajah secara permanen.

Tidak ada produk pembersih wajah, skincare untuk mengecilkan pori wajah, atau prosedur di klinik kecantikan, yang bisa membuat pori-pori kita kecil selamanya.

Menurut penjelasan pakar dermatologi dari Yale School of Medicine, Mona Gohara, ukuran pori-pori di wajah tiap orang adalah genetik, berdasarkan terbentuknya kelenjar.

Dengan kata lain, kita tidak bisa mengubah strukturnya. Lagi pula, menurut Gohara, kita butuh pori-pori wajah.

"Pori-pori adalah bukaan kecil yang memungkinkan keringat keluar ke permukaan kulit dari dermis. Hal ini akan melindungi kita dari kepanasan," katanya.

Baca juga: Karena Skincare adalah Investasi...

Meski pengaruh genetik sangat besar, tapi memang ada beberapa hal yang membuat pori terlihat makin besar, misalnya jerawat atau kerusakan akibat matahari.

Namun jangan putus asa. Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk membuat tampilan pori wajah lebih kecil dengan produser skincare yang benar dan sehat.

Cegah pelebaran pori
Paparan sinar matahari bisa menekan kadar kolagen yang sebenarnya membuat kulit kencang. Karena kadar kolagen sedikit, kulit akan kendur dan pori-pori terlihat lebar.

Selain itu, keringat saat kita kepanasan juga akan membuat kelenjar memproduksi lebih banyak minyak. Akibatnya akan menyumbat pori dan membuatnya makin lebar.

"Cegah dengan rutin memakai tabir surya dengan kadar SPF 30," kata Gohara.

Baca juga: Suka Aktivitas Luar Ruang? Perhatikan 7 Cara Penggunaan Tabir Surya

- Jaga tetap sehat
Retinol, turunan dari vitamin A, adalah anak emas dalam dunia skincare. Zat ini akan memperlambat proses penuaan, mencegah jerawat, dan menjaga pori-pori tetap terbuka dan sehat.

"Retinoid akan membersihkan minyak yang terjebak dan juga sel kulit mati, sehingga pori-pori tampak lebih kecil," kata dokter kulit Meghan Feely.

Gunakan krim perawatan kulit yang menggunakan retinol, namun mulailah dengan kadar yang paling kecil dan secara bertahap bisa ditingkatkan.

- Pembersih wajah
Gunakan pembersih wajah khusus, baik sabun atau bentuk krim, yang mengandung asam salisilat tiap malam. Kita juga bisa melakukan peeling untuk membersihkan kotoran yang menyumbat pori.

- Ilusi optik
Semua hal yang membuat kulit wajah tampak kenyal bisa membuat pori-pori terlihat kecil. Kita bisa mendapatkannya antara lain dengan melakukan mikrodermabrasi.

Selain mengangkat sel kulit mati, mikrodermabrasi di klinik dokter juga akan membuat semua serum perangsang produksi kolagen lebih mudah diserap kulit.

- Hindari foundation yang berat
Menurut Feely, pemilik pori-pori yang besar sebaiknya menghindari makeup yang mengandung emulsifier (zat dalam krim dan losion untuk mencampur minyak dan air), seperti lanolin, cetyl acetate, lauric acid, dan isopropyl linoleate.

"Pilihlah make up dengan layer yang tipis saja agar pori-pori tidak makin terlihat besar," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com