Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konsumsi Cokelat 3 Batang Setiap Bulan Tingkatkan Kesehatan Jantung

Kompas.com - 29/08/2018, 07:09 WIB
Ariska Puspita Anggraini,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Cokelat memang enak dan kita semua menyukainya. Kabar baiknya, periset menemukan bahwa konsumsi coklat ternyata baik bagi tubuh kita.

Menurut penelitian, konsumsi cokelat sebanyak tiga batang setiap bulan dapat mengurangi risiko gagal jantung secara drastis.

Selama ini, cokelat sering diasosiasikan dengen penyebab datangnya berbagai penyakit. Namun, riset ini berhasil mematahkan pendapat tersebut, dengan catatan yang dimakan adalah dark chocolate, bukan yang terlalu manis karena kebanyakan gula.

Riset yang dipresentasikan pada konferensi European Society of Cardiology, Jerman, mengatakan konsumsi cokelat dalam jumlah cukup adalah kunci untuk mencegah masalah jantung di kemudian hari.

Baca juga: Perhatikan, Manfaat Tak Terduga dari Cokelat Hitam

Riset dilakukan dengan meneliti lebih dari satu juta orang dewasa untuk menentukan efek konsumsi cokelat pada jantung.

Dari hasil riset, peneliti menyimpulkan konsumsi cokelat hingga tiga batang per bulan dapat mengurangi risiko gagal jantung hingga 23 persen dibandingkan dengan mereka yang sama sekali tak mengonsumsi coklat.

Namun, terlalu banyak mengonsumsi cokelat dapat menyebabkan peningkatan risiko gagal jantung hingga 17 persen. Karenanya jumlah yang baik hanya tiga batang per bulan.

Dr Chayakrit Krittanawong, selaku pemimpin riset, mengatakan flavonoid yang ada pada cokelat sangat bermanfaat bagi tubuh manusia.

"Saya percaya coklat adalah sumber flavonoid penting yang dapat mengurangi peradangan dan meningkatkan kolesterol baik," katanya.

Menurutnya, mengkonsumsi flavonoid dapat meningkatkan kadar nitrit oksida yang ditemukan di dalam tubuh, yang pada gilirannya meningkatkan aliran darah dan meningkatkan sirkulasi.

"Namun, cokelat mungkin memiliki tingkat lemak jenuh yang tinggi," tambahnya.

Baca juga: Susu Cokelat Ampuh Kembalikan Energi Pasca Olahraga

Oleh karena itu, ia menyarankan kita untuk mengonsumsi cokelat hitam dalam jumlah sedang.

Untuk hasil yang maksimal, periset juga menganalisis lima studi terpisah untuk penelitian mereka, yang terdiri dari 575.852 individu secara keseluruhan.

Namun, periset menyatakan perlunya penelitian lebih lanjut untuk mengeksplorasi hubungan antara asupan cokelat dan kesehatan jantung.

Riset yang dilakukan di California pada awal tahun ini menyimpulkan konsumsi cokelat hitam dapat memiliki efek positif pada kesehatan mental dengan menghilangkan stres dan meningkatkan fungsi memori.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com