Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/08/2018, 14:18 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

 

KOMPAS.com - Mungkin selama ini garam yang kita pakai hanya sebatas untuk menambah cita rasa pada masakan saja. Tetapi tahukah kamu kalau garam laut juga bisa dimanfaatkan sebagai perawatan tubuh? Ya, tak terkecuali sebagai perawatan alami untuk wajah.

Sudah mencoba produk perawatan wajah ini-itu, tapi belum kunjung mendapat hasil yang optimal? Kali ini, tidak ada salahnya mencoba cara alami untuk mempercantik kulit wajah – yaitu dengan garam laut.

Kandungan mineral magnesium, kalium, natrium, serta kalsium yang tinggi membuat garam diyakini ampuh untuk menjaga kesehatan kulit wajah.

Baca juga: Manfaat Air Garam untuk Kecantikan

Beberapa tips berikut ini bisa kamu contek untuk mencoba perawatan wajah dengan garam di rumah.

1. Masker wajah

Ilustrasi memakai maskerGeorge Doyle Ilustrasi memakai masker
Saat stok masker di rumah sudah mulai menipis, tidak perlu buru-buru beli yang baru. Kamu bisa memanfaatkan persediaan garam di dapur sebagai masker wajah alami. Untuk memaksimalkan hasilnya, coba campurkan garam laut bersama bahan alami lainnya, seperti madu.

Baik garam maupun madu, memiliki sifat antiradang yang bagus untuk meredakan iritasi dan jerawat yang membandel. Tidak hanya itu, produksi minyak di kulit wajah juga jadi lebih seimbang sekaligus mampu melembabkan area wajah yang kering.

Kamu bisa mencampurkan dua sendok teh garam laut yang telah ditumbuk halus, dengan empat sendok teh madu sampai tekstur keduanya berbentuk seperti pasta.

Selanjutnya, oleskan ke wajah secara merata tapi hindari area mata. Diamkan masker hingga mengering sekitar 10-15 menit. Setelah itu, bilas dan lanjutkan perawatan wajah seperti biasa.

Baca juga: Seberapa Penting Rutin Memakai Masker Wajah?

2. Toner wajah

Ilustrasi pria merawat wajahdiego_cervo Ilustrasi pria merawat wajah
Idealnya, setelah membersihkan wajah dengan sabun muka, gunakan toner supaya wajah benar-benar bersih dan bebas dari kotoran.

Nah, salah satu manfaat garam untuk wajah adalah sebagai toner alami yang bisa membantu membersihkan sisa-sisa debu atau bahkan makeup yang menempel pada wajah.

Hal ini bukan tanpa alasan, sebab garam dipercaya mampu membersihkan pori-pori kulit dan menyeimbangkan produksi minyak di wajah. Bagi yang punya masalah dengan jerawat, penggunaan toner wajah dari garam ini juga bisa membantu untuk membunuh bakteri penyebab jerawat.

Cara pakainya pun terbilang mudah. Kamu hanya tinggal mencampurkan satu sendok teh garam dengan empat sendok makan air hangat atau matang, lalu masukkan ke dalam botol semprot berukuran kecil. Pastikan garam dan air telah larut dengan sempurna. Gunakan dua kali dalam sehari dan hindari menyentuh area mata.

Baca juga: Toner, Rahasia Miliki Kulit Wajah Berkilau

3. Scrub wajah

Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com