Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/08/2018, 16:41 WIB
Nabilla Tashandra,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Memanjangkan rambut bukan berarti sama sekali tidak memotongnya. Malah, memotong rambut secara rutin bisa menyehatkannya.

Penata rambut ternama sekaligus founder Blade Hairclub, Julia Olofsson menyebutkan, sama seperti mencuci rambut, rutinitas memotong rambut juga tergantung pada jenis dan panjang rambut.

Untuk rambut panjang, Julia merekomendasikan memotongnya sekitar setengah inci setiap 10 minggu. Dengan begitu, kamu tetap menjaga satu inci pertumbuhan, sambil membuang ujung rambut yng menipis, rapuh, usang, dan bercabang.

Perawatan yang sama diaplikasikan pada layer rambut lainnya untuk membuat rambut tetap segar dan berkilau.

Untuk rambut pendek, seperti model potongan pixie atau crop, bentuk rambut dan tekstur akan berantakan dan harus ditata kembali dalam 4 hingga 6 minggu atau 6 hingga 8 minggu untuk panjang medium.

Kenapa? Karena gaya rambut pendek cenderung lebih cepat kehilangan bentuknya, jadi kamu harus menjaganya agar tampilan keseluruhan bisa bertahan lama.

Sementara jika kamu memiliki rambut keriting, kamu hanya perlu memotong rambut sekali atau dua kali dalam setahun, karena rambut keriting akan "menyusut" ketika dipotong.

Nah, sekarang kamu sudah mengetahui seberapa sering rambut harus dipotong. Jadi, kamu sudah bisa memasukannya ke dalam daftar aktivitas harianmu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com