Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serunya "Nge-gym" di Air di Kelas Aquafit Fitness First

Kompas.com - 29/08/2018, 18:49 WIB
Kahfi Dirga Cahya,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kalau merasa bosan dengan kelas di gym yang monoton, kalian mesti jajal kelas yang dilakukan di air ini.

Diberi nama Aquafit, kelas ini merupakan olahraga ketahanan tubuh ke segala arah dengan memanfaatkan media air sebagai beban.

Dee, instruktur Aquafit dari Fitness First, mengungkapkan, kelas ini membutuhkan waktu 50 menit. Selama hampir satu jam akan ada tujuh pola gerakan yang dilakukan.

"Peserta akan berlatih squat, Iunge, push, pull, hinge, gait dan rotate. Selama latihan tersebut, peserta menggunakan bagian tubuh mereka di bawah air, bersamaan dengan irama musik dinamis," ungkap Dee di Fitness First Platinum, Menara BCA, Jakarta, Rabu (29/8/2018).

Gerakan-gerakan tersebut dipastikan bermanfaat, baik dari sisi mental dan fisik. Sisi mental, misalnya, peserta akan lebih senang karena hormon endorfin akan keluar selama latihan.

Sementara dari sisi fisik, Aquafit disebut dapat membentuk otot dan membakar 200 - 300 kalori.

"Jika ingin pembakaran kalori lebih tinggi, maka harus semakin melawan air. Range gerakan juga harus lebih melebar," kata Dee.

Baca juga: Gaya Renang Apa yang Paling Bakar Kalori?

Selain itu, menurut Dee, Aquafit tidak mewajibkan peserta untuk piawai berenang. Sebab, batas kedalaman air bagi peserta Aquafit adalah sekitar 1,5 meter.

Ketinggian air tersebut memungkinkan peserta bisa bergerak bebas dan memanfaatkan medium air dengan baik untuk gerakan.

Aquafit Fitness FirstKOMPAS.com/KAHFI DIRGA CAHYA Aquafit Fitness First
Sementara itu, David Prosser, Country Manager, Fitness First Indonesia, mengungkapkan, Aquafit di Indonesia baru ada di Fitness First.

Kelas ini, katanya, menawarkan Iatihan yang sangat efektif yang membantu peserta untuk meningkatkan kekuatan dan ketahanan tubuh inti mereka.

"Sebab gerakan-gerakan tersebut dilakukan di dalam air, sehingga ada resistensi tambahan yang membantu untuk meningkatkan conditioning dan kekuatan otot yang berdampak positif terhadap sendi," ujar Prosser.

Jika tertarik, perlu dicatat, kalau peserta dalam kelas Aquafit harus mengenakan pakaian renang yang nyaman, dan tidak menggunakan t-shirt atau celana longgar.

Bagi yang memiliki rambut panjang, harus mengikat rambut atau mengenakan topi renang agar dapat dengan leluasa bergerak dan aman.

Aquafit tersedia di Fitness First Taman Anggrek & Fitness First Platinum Grand Indonesia. Setiap kelas memiliki kapasitas maksimal 20 peserta per sesi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com