Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/09/2018, 08:27 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com - Spray penyemprot wajah alias face mist saat ini menjadi tren dalam dunia kecantikan. Ada face mist untuk melembabkan, menyegarkan, hingga menenangkan kulit.

Benarkah face mist memang dibutuhkan kulit kita atau hanya sekadar gimik yang sebenarnya cuma pemborosan?

Di pasaran tersedia face mist yang bisa disesuaikan dengan skin care goal masing-masing, pilihan harga, hingga kandungan utamanya.

Sebagian wanita menggunakan face mist untuk menyegarkan kembali kulit di sore hari, menggunakannya sebagai toner, dan ada juga yang memakainya sebagai setting spray pada bagian akhir make up.

Menurut dokter kulit Jennifer MacGregor dari Union Square Laser Dermatology New York, banyak produk face mist di pasaran yang memiliki kandungan anti-inflamasi, antioksidan, dan juga hidrasi kulit, yang sama dengan krim atau gel wajah.

"Tetapi krim dan gel lebih memberi lapisan dibanding semprotan, sehingga sebenarnya lebih bagus," kata MacGregor.

Walau begitu, menurut ahli dermatologi Dr.Angela Lamb, keunggulan face mist adalah bisa dipakai di atas lapisan produk skincare.

Dengan berbagai klaim yang dimiliki produk face mist, ternyata para ahli dermatologi menganggap sebenarnya kita tidak terlalu memerlukannya dalam rutintitas skincare. Namun, bukan berarti kita tak boleh memakainya.

"Pada dasarnya facial mist adalah versi semprot dari produk skincare lain. Ini berarti tidak terlalu perlu tapi memang punya manfaat. Misalnya jika kita tak sempat pakai pelembab, produk ini bisa membantu," kata Lamb.

Baca juga: Remaja di Indonesia Lebih Pilih Kulit Putih Ketimbang Bahagia

Seperti halnya produk skincare lainnya, pemilihan face mist juga harus kita sesuaikan dengan tujuan kita.

Misalnya saja jika ingin mencari produk yang memberi kelembaban lebih, pilih yang mengandung hyaluronic acid yang mampu menahan air di kulit.

Produk face mist yang memiliki kandungan anti-inflamasi juga bisa menenangkan kulit yang iritasi dan kemerahan. Produk dengan kandungan lidah buaya juga bisa menenangkan kulit.

Ada juga produk facial spray yang sebenarnya hanya water mist, misalnya Evian's mineral water mist. Jika kita menyemprotkannya tanpa memakai tambahan produk lain, kulit tidak akan menjadi lebih lembab.

"Jika kulit terus dibasahi dan kering, malah bisa memicu kering dan iritasi," katanya.

Tetapi produk seperti water mist bisa kita andalkan untuk menyegarkan, misalnya saat perjalanan panjang dengan pesawat. Hanya saja, langsung gunakan pelembab pada wajah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com