Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Kebiasaan Harian untuk Menurunkan Berat Badan

Kompas.com - 05/09/2018, 08:06 WIB
Nabilla Tashandra,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber smh.com.au

KOMPAS.com - Kebanyakan orang yang menjalani diet akan kembali mendapatkan 50 persen berat badannya pada tahun pertama setelah berhasil menurunkan beberapa kilo.

Sementara sisanya malah lebih cepat, yakni mendapatkan kembali berat tersebut pada jangka waktu tiga bulan, menurut riset yang dipublikasikan di International Journal of Obesity

Banyak orang memahami bahwa untuk menjaga berat badan yang sehat harus dilakukan tiga hal, yakni memilih makanan sehat, makan lebih sedikit, dan aktif secara fisik.

Meski teorinya terdengar mudah, namun tiga hal tersebut sulit untuk dipatuhi.

Banyak orang yang makan secara otomatis, atau tidak direncanakan. Kebiasaan ini membuat kita seringkali tak menyadari makanan apa saja yang dikonsumsi, apakah sehat atau tidak.

Sebuah studi menemukan kunci menjaga berat badan sehat melalui kebiasaan-kebiasaan yang sehat pula.

Perubahan kebiasaan ini mungkin menjadi cara yang efektif untuk membantu menurunkan berat badan.

Baca juga: 10 Strategi Jitu untuk Turunkan Berat Badan

The Sydney Morning Herald pernah melaporkan perekrutan 75 sukarelawan usia 18-75 tahun dengan kasus obesitas atau berat badan berlebih, lalu membagi mereka menjadi tiga kelompok.

Satu kelompok diarahkan untuk mengubah kebiasaan lama, kelompok lainnya melakukan kebiasaan baru, dan satu kelompok terakhir adalah kelompok kontrol dengan tugas spesifik.

Kelompok pertama lalu dikirimi pesan singkat berisi tugas-tugas yang harus dilakukan setiap harinya. Tugas tersebut fokus mengubah kebiasaan lama, termasuk "mengambil jalur berbeda ketika pergi kerja", "mendengarkan genre musik berbeda" hingga "menulis cerita pendek".

Kelompok kedua diminta untuk melakukan program yang fokus pada perubahan pola hidup sehat. Mereka diarahkan melakukan 10 tips sehat ke dalam rutinitas harian mereka.

Sementara pada kelompok terakhir atau kelompok kontrol tidak dilakukan perubahan apapun. Mereka dipersilakan meneruskan kebiasaan lamanya.

Adapun perubahan perilaku pada kelompok kedua disusun oleh Weight Concern, sebuah organisasi di Inggris. Beberapa yang harus mereka lakukan untuk menurunkan berat badan, antara lain:

Ilustrasi tubuh idealGearstd Ilustrasi tubuh ideal
1. Menjaga rutinitas pola makan

Artinya, makan di waktu yang sama setiap harinya. Mereka yang sukses menurunkan berat badan jangka panjang cenderung memiliki ritme pola makan yang sama. Tentu saja kita harus menghindari kebiasaan ngemil ketika menjalankannya.

Halaman:
Sumber smh.com.au
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com