BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Axis

Susah-susah Gampang Jadi “Influencer”, Intip Triknya

Kompas.com - 06/09/2018, 07:17 WIB
Auzi Amazia Domasti,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Empat tahun lalu, Nurfadli Musryid bukanlah siapa-siapa. Kecintaannya membuat coretan berbentuk komik strip pada akun Instagram Tahilalats kemudian membuat namanya melambung.

Dalam satu tahun setelah ia rajin membagikan komik strip, ia berhasil mendapat 500.000 pengikut. Kini, empat tahun setelahnya pengikutnya makin membludak hingga hampir mencapai 3 juta.

Dengan jumlah pengikut seperti itu, maka wajar bila kemudian Nurfadli disebut sebagai influencer. Saat ini, beberapa brand sudah mulai meliriknya. Istilahnya, mereka memasang sponsored content pada laman akun media sosial Tahilalats.

Seperti diketahui, hitung-hitungan untuk memasang iklan pada seorang influencer adalah dengan perbandingan pengikutnya. Makin banyak, maka akan makin mahal pula harganya.

Usia Nurfadli baru menginjak 24 tahun, tetapi pendapatannya saat ini dari membuat komik strip bisa jadi melebihi pemuda seusianya yang bekerja kantoran.

Profesi Nurfadli sebagai influencer nampaknya menggiurkan. Namun, semua itu tidak lepas dari hobi yang ia jalani dengan konsisten.

Singkatnya, ia bekerja keras menekuni kesukaannya hingga mempromosikannya lewat media sosial.

Istilah influencer memang tak lagi asing di era media sosial ini. Seperti Nurfadi, influencer merupakan orang yang kerap membuat konten, memiliki jumlah pengikut yang banyak di media sosial dan mampu menunjukkan ciri khas konten mereka.

Para konsumen pun lebih percaya dengan influencer yang unik dan jujur dalam berbagi pendapat terkait brand yang mereka kenakan sehingga mereka cenderung mau mengikuti.

Nah, jika memiliki passion akan suatu hal, tak ada salahnya coba berbagi melalui media sosial dan menargetkan diri untuk menjadi influencer. Anda atau siapapun bisa saja menambah pengikut di media sosial seperti Nurfadli.

Berikut ada beberapa tips agar sukses menjadi influencer dengan konten yang dibuat.

Temukan niche market

Buatlah daftar hal-hal yang Anda minati. Pilih yang paling diminati dan yang membuat Anda ingin bagikan dengan orang lain.

Salah satu suasana Axis Pop Up Station di Jember.Dok. Axis. Salah satu suasana Axis Pop Up Station di Jember.
Kemudian, ketahui pengikut atau konsumen seperti apa yang tertarik dengan hal tersebut. Dari sana, Anda bisa menyesuaikan konten yang dibuat dengan target market.

Buat konten yang bagus dan unik

Penting untuk membuat karya yang bagus, tetapi lebih bagus lagi bila karya yang ditunjukkan unik. Keunikan inilah yang akan membedakan Anda dari influencer lain.

Contohnya, video blogger di Youtube, Awwalur Rizqi Al-firori atau yang dikenal sebagai alffy_rev. Kreasinya membuat dan mengaransemen lagu membuat banyak orang penasaran dan tertarik menonton hasil karyanya.

Gunakan strategi konten

Manfaatkan fitur analisis digital yang ada di media sosial sehingga Anda bisa mengetahui konten seperti apa yang lebih banyak disukai alias ‘banjir’ like.

Selain itu, rencanakan konten apa yang akan dibuat dalam beberapa waktu ke depan. Misalnya, buat daftar selama satu bulan Anda akan memposting foto apa saja dan kapan saja jangka waktunya.

Konsisten

Influencer marketing, Tom Ward menyebutkan dari laman forbes.com, Selasa (12/12/17) kalau konten yang di share atau upload secara konsisten membuat adanya kepercayaan pengikut.

Selanjutnya, pengikut baru pun bisa ada karena mereka mengetahui Anda rajin membuat konten. Lagipula, untuk apa mengikuti seorang influencer yang jarang membuat konten?

Kolaborasi

Supaya semakin menambah pengikut konten Anda, lakukan pula kolaborasi bersama pembuat konten atau influencer lain. Pengikut akan meningkat bila bekerja sama dengan influencer yang pengikutnya lebih banyak dari Anda.

Salah satu suasana Axis Pop Up Station yang diadakan di Jember.Dok. Axis Salah satu suasana Axis Pop Up Station yang diadakan di Jember.
Mulai buat koneksi dengan content creator lain dari media sosial atau dengan menghadiri acara besar, seperti Axis Pop Up Station.

Lingkup acara tersebut adalah kegiatan-kegiatan berupa workshop, sharing session, dan talkshow oleh para creator ternama seperti Nurfadli Mursyid, Yoga Arizona, Putri Anindya, Awwalur Rizqi Al-firori, Stephanie Wose, dan beberapa praktisi ahli.

Acara tersebut akan diadakan pada 9 kota, yaitu Jakarta, Makassar, jember, Pekanbaru, Bandung, Banjarmasin, Malang, Medan, dan Yogyakarta.

Dengan mengikuti event seperti ini, bukan niscaya nantinya Anda mampu menjadi influencer juga. Info lebih lanjut bisa didapatkan di sini.


komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com