Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/09/2018, 20:47 WIB
Glori K. Wadrianto

Editor

KOMPAS.com - Anak yang lahir dari ibu yang mengonsumsi minyak ikan di masa kehamilannya, akan memiliki lebih banyak otot dan tulang yang lebih kuat.

Perempuan yang mengonsumsi omega-3 setiap hari sejak separuh usia kehamilan melahirkan anak dengan BMI lebih tinggi di usia enam tahun.

Demikian kesimpulan dari penelitian bertahun-tahun yang dilakukan di Universitas Copenhagen, Denmark.

BMI adalah kependekan dari Body Mass Index atau Indeks Massa Tubuh. BMI menggambarkan proporsionalitas tinggi dan berat badan.

Melalui pemeriksaan terhadap anak-anak tersebut, terungkap, mereka memiliki lemak jahat yang lebih sedikit dan otot yang lebih banyak.

Baca juga: Konsumsi Sayur dan Minyak Ikan Disebut Mampu Tunda Menopause

Selain itu, kepadatan tulangnya pun lebih bagus dibandingkan anak lain yang ibunya tak mengonsumsi minyak ikan.

Tak berhenti sampai di situ, peneliti juga menemukan, mereka memiliki risiko lebih rendah untuk terserang asma atau penyakit yang berkaitan dengan pernapasan. 

Dalam penelitian ini ada 736 perempuan Denmark yang secara acak diminta untuk mengonsumsi pil omega-3 atau pil dummy yang tak memiliki efek, mulai dari minggu ke 24 kehamilan hingga satu minggu setelah melahirkan.

Penelitian mengungkap risiko tentang asma, di mana mereka yang mengonsumsi minyak ikan mengalami penurunan risiko sebanyak 30 persen.

Hasil lainnya, anak-anak itu diminta untuk melakukan pengukuran tinggi dan berat badan setiap tahun. Mereka pun menjalani pemeriksaan yang menghitung komposisi tubuh pada usia 3,5 tahun dan enam tahun.

“Suplemen minyak ikan dari minggu ke 24 kehamilan menghasilkan anak dengan BMI yang lebih tinggi, di usia 0-6 tahun."

Baca juga: Mari, Kenali Banyaknya Manfaat Minyak Ikan bagi Tubuh

"Di sisi lain mereka pun tak mengalami peningkatan risiko obesitas pada usia enam tahun," demikian ditulis dalam laporan yang dipublikasikan dalam the British Medical Journal seperti dikutip laman the Independent.

“Anak-anak dengan ibu yang rutin mengonsumsi minyak ikan di masa hamilnya, ternyata memiliki anak dengan tubuh yang proporsional,ramping, tulang lebih kuat, dan lemak jahat yang minim." 

Dengan penemuan ini, ibu hamil sangat disarankan untuk menyantap suplemen yang mampu menstimulasi pertumbuhan janin.

Lemak asam Omega-3 adalah bagian dari rantai molekul yang panjang, yang banyak ditemukan pada ikan kod dan suplemen lainnya.

Kandungan dalam minyak telah lama direkomendasi untuk perlindungan atas penyakit jantung, meningkatkan kekuatan otak, dan kesehatan sendi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com