Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setelah Komentar Soal Kapernick, Muncul Meme Anak Trump Pakai Nike

Kompas.com - 12/09/2018, 12:40 WIB
Kahfi Dirga Cahya,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber Snopes

KOMPAS.com - Pemilihan Colin Kaepernick oleh Nike untuk perayaan kampanye 30 tahun “Just Do It” dianggap kontroversi oleh sejumlah pihak, termasuk Presiden Amerika Serikat Donald Trump.

Bahkan, Trump secara terang-terangan menyerang Nike lewat akun Twitter miliknya dan menganggap label perlengkapan olahraga itu tengah menuju kehancuran atas pilihan mereka. 

Meme soal Trump yang menunjukkan sang anak, Baron Trump memakai sepatu NikeAkun Facebook Teandertal Party Meme soal Trump yang menunjukkan sang anak, Baron Trump memakai sepatu Nike

Tak ayal ucapan Trump tersebut justru menuai kontroversi lain, sehingga membuat sejumlah orang ‘menyerang’ pengusaha tersebut.

Salah satunya adalah beredarnya meme foto sang anak, Baron Trump terlihat mengenakan sepatu Nike. 

Dilansir dari Snopes.com, meme foto tersebut mulai tersebar tanggal 9 September 2018 lewat akun Facebook Teanderthal Party dan diikuti oleh dua akun lain yang merupakan Anti-Trump.

Dalam foto tersebut, Baron ditemani oleh Trump dan sang istri, Melania Trump.

Selain itu, dalam foto itu juga ditulis slogan Nike “Just Do It” di bagian atas, yang merupakan bagian dari sindiran terhadap Trump.

Awalnya banyak orang menyangsikan keaslian foto, namun dipastikan foto tersebut asli karena diambil oleh Molly Riley pada 17 Juni 2017 dan dipublikasikan di Getty Images.

Foto itu diambil saat Baron bersama Trump dan Melania meninggalkan Gedung Putih sebelum naik ke helikopter Marine One untuk mengunjungi Camp David.

Kendati demikian perlu dicatat, foto tersebut tak memiliki relevansi dengan kontroversi saat ini, karena diambil setahun sebelum kasus Kaepernick mencuat ke publik. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Snopes
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com