Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bercinta dan Berlibur Bikin Orang Merasa Lebih Muda

Kompas.com - 16/09/2018, 11:37 WIB
Kahfi Dirga Cahya,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber The Sun

KOMPAS.com - Berhubungan seks bukan soal melepas gairah semata. Di balik aktivitas tersebut, tersimpan manfaat bagi jiwa dan raga, termasuk membantu merasa lebih muda.

Dilansir dari The Sun, sebuah survei mengungkapkan, berhubungan seks, setidaknya sekali dalam seminggu dapat membantu merasa seseorang 15 tahun lebih muda. 

Jajak pendapat ini dilakukan terhadap 1.000 orang dewasa di Inggris.

Meskipun tidak terkait, temuan ini menguatkan penelitian sebelumnya yang dilakukan para ilmuwan di California yang menyimpulkan rutin bercinta bikin perempuan awet muda.

Penelitian tersebut dijelaskan secara biologis, di mana telomer yang "signifikan" lebih panjang pada perempuan yang bercinta setiap minggu.

Telomer berfungsi menjaga DNA tetap sesuai bentuk aslinya dan menghentikan perubahan kromosom yang terjadi seiring dengan bertambahnya tua. Telomer pendek berarti umur yang lebih pendek.

Baca juga: Rutin Bercinta Bikin Awet Muda

Faktor lain yang membuat merasa muda

Survei yang dilakukan oleh orthopedic support fim Neo G juga menemukan, membelai hewan, pergi berlibur, melihat teman dan menghabiskan waktu sendirian dengan pasangan juga membuat orang merasa jauh lebih muda.

Orang yang gaya hidupnya paling aktif  juga merasa 12 tahun lebih muda daripada mereka yang kurang aktif.

Paul Starkey, dari Neo G mengatakan, orang-orang ingin terlihat dan merasa muda.

“Tapi, saat datang untuk mempertahankan masa muda, kami telah menemukan bahwa perasaan (lebih) muda di dalam diri adalah faktor fundamental,” ujar Starkey.

“Orang-orang yang terlihat dan merasa lebih muda dari dibanding usia biologis selalu menjadi misteri. Jadi, semoga penelitian kami berhasil memaparkan beberapa kegiatan yang dapat kita  coba masukkan ke dalam hidup kita.”

Dia melanjutkan, apa yang disoroti oleh penelitian adalah kebutuhan untuk tetap menjaga diri sendiri dan menikmati hal-hal terbaik dalam hidup, tidak peduli berapa usia biologis kita.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Sun
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com