Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/09/2018, 11:06 WIB
Glori K. Wadrianto

Editor

KOMPAS.com - Keramaian seketika terpusat di halaman depan Museum Tekstil Jakarta, ketika sebuah mobil Toyota Alphard berhenti di pinggir tenda acara yang telah dipenuhi orang.

Dari dalam kendaraan itu turun Menteri Keuangan Sri Mulyani. Dengan baju putih bermotif kembang kebiruan, Menkeu melepaskan senyum kepada orang-orang yang menyambutnya.

Jabatan tangan pertama diberikan kepada Devi Pandjaitan, istri Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan yang sedang menyelenggarakan pameran ulos di tempat itu.

Dengan mengusung tema Ulos, Hangoluan & Tondi, Devi bersama putrinya Kerri Na Basaria memamerkan 50 ulos langka koleksinya, selama 14 hari hingga 7 Oktober 2018 mendatang.

"Saya sangat senang, Ibu Sri Mulyani bersedia meninggalkan sejenak kesibukannya untuk hadir pada pameran ini," kata Devi dalam salah satu bagian sambutannya.

Baca juga: Selamatkan Ulos Tradisional dari Kepunahan...

Pada kesempatan selanjutnya, pernyataan Devi tersebut langsung mendapat tanggapan dari Menkeu.

Dalam sambutannya pula, Menkeu mengaku, inspirasinya dalam bekerja sering kali didapatkan dengan pertemuan-pertemuan dan kehadiran dalam acara semacam ini.

Dia merasa bisa belajar tentang kehidupan dalam pameran ulos kali ini.

"Saya bisa melihat bagaimana budaya Batak merekam stages dalam kehidupan dengan keberadaan kain ulos," kata Menkeu.

Ulos biru

Ketika Sri Mulyani hendak mengakhiri sambutannya, ternyata Devi telah menyiapkan hadiah.

"Sebelumnya, kami tidak tahu kalau ibu akan memakai baju ini. Ulos ini biru cocok sekali dengan baju ibu," kata Devi sambil menyampirkan kain tenun itu di bahu kiri Menkeu.

Menteri Keuangan Sri Mulyani seusai menyanyikan bagian reff lagu Batak berjudul Mauliate Ma Inang dalam salah satu bagian acara pameran ulos di Museum Tekstil Jakarta, Rabu (19/9/2018).KOMPAS.com/ GLORI K WADRIANTO Menteri Keuangan Sri Mulyani seusai menyanyikan bagian reff lagu Batak berjudul Mauliate Ma Inang dalam salah satu bagian acara pameran ulos di Museum Tekstil Jakarta, Rabu (19/9/2018).

Devi lalu menjelaskan, ulos yang diberikan untuk Sri Mulyani adalah ulos tumtuman, yang menggunakan pewarna alami dari daun-daun yang tumbuh di sekitar Danau Toba.

Sri Mulyani terlihat menikmati jalannya acara ini. Termasuk saat pergelaran peragaan busana "kain ulos" karya desainer Merdi Sihombing dimulai.

Ada 12 peragawati yang mengenakan kain ulos alami kreasi Merdi Sihombing sore itu.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com