Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Solarhu, Sepatu yang Terinspirasi dari Pelari-Pelari Afrika

Kompas.com - 20/09/2018, 15:32 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Afrika adalah tempat lahirnya para pelari handal. Hampir di setiap kejuaraan lari dunia, terutama lari jarak jauh, pemenangnya bisa dipastikan berasal dari salah satu negara di benua itu.

Hal ini tidak mengherankan karena lari sudah menjadi budaya di Afrika, utamanya Afrika bagian timur.

Anak-anak di Kenya misalnya, sudah sejak dari kecil terbiasa lari lebih dari 7 kilometer per hari. Mereka lari saat berangkat sekolah, lalu saat pulang ke rumah untuk makan siang, lalu kembali lagi ke sekolah, dan terakhir pulang lagi ke rumah.

Bukan hanya itu, mereka juga lari saat bermain dan melakukan kegiatan lain, seperti membantu orangtuanya di ladang. Karenanya tak heran para juara marathon adalah orang-orang Kenya.

Terinspirasi dari budaya lari itu, adidas bersama Pharell Williams meluncurkan sepatu lari bernama Solarhu. Sepatu ini menggabungkan teknologi modern dari adidas dengan pola-pola mencolok dan warna cerah khas Afrika Timur, di mana berlari sudah menjadi budaya yang tertanam kuat.

adidas x Pharell Williams SolarhuNUREG GmbH adidas x Pharell Williams Solarhu
Sebelumnya, tahun lalu Pharell juga merancang koleksi sepatu tenis yang dikenakan di lapangan. Dengan koleksi baru ini, kolaborasinya berpindah dari olahraga tenis ke olahraga lari.

Bagi Pharell, berlari membuka potensi untuk mengubah hidup secara global. Berlari membutuhkan sedikit saja persayaratan, dan dinikmati secara masif di seluruh dunia. ini sejalan dengan pesan pribadi Pharrell akan kesetaraan, keadilan, dan kepercayaan diri.

Koleksi Solarhu menghadirkan debut satu siluet sepatu baru dan tujuh apparel. Semuanya menampilkan pola yang terinspirasi oleh Afrika Timur dan dihadirkan dalam warna yang banyak digunakan oleh bendera negara-negara di daerah tersebut seperti cerahnya warna emas, ungu, burgundy, cyan, serta merah dan hijau.

Sebagai sepatu lari, adidas menambahkan outsole Continental rubber yang memungkinkan penggunanya bermanuver dengan nyaman di berbagai permukaan lari, serta midsole Boost yang memberi bantalan empuk sekaligus tolakan tenaga saat berlari.

Sepatu ini hadir dalam dua warna, yakni core white/bold green dan core black/bright cyan. Setiap pasang sepatu dilengkapi dengan dua set tali sepatu tambahan dalam warna yang sesuai.

adidas x Pharell Williams SolarhuNUREG GmbH adidas x Pharell Williams Solarhu
Sementara untuk apparel, adidas juga terinspirasi grafis tribal dari suku-suku Afrika yang diterapkan pada engineered tanks, kaus, celana pendek, dan running tights.

“Afrika adalah benua yang indah dan asal mula peradaban. Berlari adalah meditasi. Kenapa kita tidak kembali ke tanah nenek moyang kita dan mengambil inspirasi dari budaya yang sangat kaya dan penuh kehidupan ini?" papar Pharell mengenai koleski Solarhu.

Adapun adidas by Pharrell Williams Solarhu akan hadir pada tanggal 25 September 2018 di adidas Grand Indonesia, adidas Senayan City, adidas Pacific Place, maupun secara online di shop.adidas.co.id.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com