Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapan Waktu Terbaik Memperkenalkan Anak Pada Yoga?

Kompas.com - 21/09/2018, 11:11 WIB
Nabilla Tashandra,
Wisnubrata

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Yoga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Tak terkecuali bagi anak-anak. Selain melatih motorik, yoga juga dinilai bisa meningkatkan fokus dan konsentrasi anak.

Guru Yoga Deera Dewi mengatakan, anak yang berlatih yoga juga cenderung memiliki sikap yang lebih tenang.

"Itu banyak terbukti. Anak kecil yang berlatih yoga dan tidak, berbeda pada saat ujian. Yang suka yoga lebih tenang, less stress juga."

Hal itu diungkapkan Deera saat menghadiri acara konferensi pers CIMB Niaga Namaste Festival 2018 di CIMB Niaga Tower, Jakarta, Kamis (20/9/2018).

Lalu, berapa umur yang ideal untuk anak mulai berlatih yoga?

Menurut Deera, tak ada waktu spesifik yang dianjurkan untuk memperkenalkan anak dengan yoga. Bahkan, usia anak ketika baru belajar berjalan pun sudah bisa diperkenalkan dengan yoga.

"Sebaiknya memang dari usia sangat dini karena bukan hanya badannya bagus, tapi untuk melatih motorik, melatih agar mereka lebih aware karena itu akan terbawa ke tahap usia berikutnya," ucap Deera.

Baca juga: 5 Gerakan Yoga Pagi Hari yang Lebih Baik daripada Secangkir Kopi

ilustrasi yogathinkstock ilustrasi yoga
Bagi anak yang sudah mulai berlatih yoga, Deera menganjurkan melakukannya seminggu tiga kali. Meski begitu, jangan berpikir pose-pose yoga yang diajarkan akan rumit seperti pose orang dewasa.

Sesi yoga anak akan dibuat seperti suasana bermain. Pose-pose yang diperkenalkan pun adalah pose-pose lucu, seperti binatang atau tumbuhan.

"Kayak down dog, cat misalnya, yang penuh visualisasi, elephant pose, cobra, dolphin, posisi pohon gimana, tree pose, tidak bergerak," kata dia.

Durasi yoga anak menurutnya maksimal 40 menit. Sebab, kebanyakan anak kecil sudah tidak fokus untuk latihan di atas 20 menit.

Terkadang, di tengah sesi latihan mereka yang sudah hilang fokus dibiarkan untuk bermain terlebih dahulu, setelah itu barulah melanjutkan sesi latihan.

"Kalau lebih dari 40 menit kacau," tuturnya.

Baca juga: 7 Manfaat Yoga untuk Pria

Biasanya, alasan anak mau berlatih yoga adalah karena orangtuanya berlatih. Ketika orangtua berlatih, anak seringkali diajak menemani ke lokasi latihan.

"Orangtua masuk kelas, anaknya dampingi di sebelah, lama-lama mau, akhirnya ikut kelas sendiri. Ramai, sih. Lagi hits (tren)," ucap Deera.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com