Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bingung Menata Ruang Kerja? Ikea Menawarkan Solusi

Kompas.com - 25/09/2018, 21:26 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Saat ini banyak bisnis baru bermunculan, mulai dari yang jualan secara online, maupun yang sudah mendirikan kantor. Ide-ide kreatif berkembang dan menghadirkan pengusaha-pengusaha muda di bidang-bidang baru.

Seiring dengan perkembangan itu, kebutuhan terhadap ruang kerja juga bertambah. Masalahnya, tidak semua pelaku bisnis cukup piawai untuk membangun ruang kerja yang nyaman. Kadang-kadang diperlukan pihak lain yang bisa mewujudkan tempat kerja ideal sesuai kebutuhan masing-masing kantor.

Melihat hal itu, IKEA Indonesia memperkenalkan program terbatas IKEA Business untuk kebutuhan segmen bisnis, baik usaha skala kecil maupun skala besar.

IKEA Business akan membantu para pengusaha memenuhi kebutuhan perabot, mulai dari memberikan saran soal jenis yang sebaiknya dipakai sesuai kebutuhan, tata letak, pemesanan, hingga layanan lain.

"Kami memiliki ragam produk yang bervariasi untuk masing-masing segmen bisnis dan layanan guna mengantisipasi ketersediaan produk. Selain itu ada dukung oleh desainer interior IKEA yang dapat memberikan konsultasi, pengukuran, hingga membuat layout desain," ujar Mery Zola, IKEA Business Manager IKEA Indonesia, Kamis (20/9/2018).

Agar bisa mendapatkan layanan ini, pelaku bisnis harus menjadi anggota terlebih dahulu dengan mendaftar dan melengkapi persyaratan dokumen standar bisnis seperti SIUPP, TDP, HO, dan lain-lain. Keanggotaan ini bisa dibuat tanpa biaya dan tanpa fee berkala.

IKEA BusinessKompas.com/Wisnubrata IKEA Business
“Setelah menjadi anggota, belanja untuk perabot bisnis menjadi sangat nyaman dan menguntungkan dengan beragam kemudahan, sebab keanggotaan berlaku seumur hidup dan diberikan promosi khusus, gratis kopi di restoran IKEA," lanjut Mery. "Selain itu ada juga hadiah voucher untuk jumlah pembelanjaan tertentu."

Untuk memudahkan transaksi, anggota dapat memesan produk melalui email, pembayaran dengan bank transfer, dan mendapat layanan lain seperti perencanaan dan konsultasi.

Anggota juga dimudahkan dalam pemesanan barang, diberi penawaran harga, invoice penjualan, order pemesanan, faktur pajak, Purchase Order, hingga fasilitas interior desain, pengantaran, perakitan, dan pemasangan.

Adapun Ririn Basuki, Public Relations IKEA Indonesia, memastikan bahwa barang-barang yang ditawarkan dalam program ini sudah diuji dan memang diperuntukkan bagi lingkungan kerja.

Ia mencontohkan seri meja kerja yang dapat dirangkai menjadi berbagai ukuran, atau kursi kantor yang ergonomis dan didesain untuk keamanan penggunanya, misalnya tidak menyebabkan sakit punggung, dan tidak bergeser saat penggunanya berdiri.

"Semua produk ini sudah melalui pengujian soal kekuatan dan keamanannya, dirancang untuk keperluan lingkungan kerja atau office use approved, dan bergaransi 5 sampai dengan 10 tahun," ujar Ririn.

IKEA BusinessKompas.com/Wisnubrata IKEA Business
Bagaimana prosedurnya?

Anggota dapat memperoleh layanan ini dengan mengunjungi IKEA Business Point di IKEA Alam Sutera, yang khusus menangani kebutuhan bisnis dengan memberikan layanan konsultasi, pemilihan produk, meeting area, transaksi dan pembayaran.

Konsumen akan dibantu oleh co-worker yang bisa memberikan saran produk yang sebaiknya digunakan, penawaran harga, transaksi pembayaran hingga layanan yang dibutuhkan.

Untuk layanan desain interior saat ini baru tersedia untuk perkantoran, show unit, toko retail, restoran, dan hospitality hotel maupun dormitori.

Selain itu, pemesanan produk juga dapat dilakukan melalui email, sementara referensi produk dapat dilihat dari website IKEA, kemudian co-worker IKEA akan mengecek ketersediaan, melakukan konfirmasi, dan transaksi pembayaran melalui bank transfer, sebelum akhirnya barang dapat diambil atau dikirimkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com