Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Garis Rambut di Sepanjang Dahi Mundur? Ini Tanda Mulai Botak

Kompas.com - 27/09/2018, 11:46 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Garis rambut mundur perlahan alias receding hairline adalah salah satu tanda pertama dari kebotakan. Wanita dan pria sama-sama bisa mengalami hal ini, tapi memang lebih sering terjadi pada pria.

Selain faktor usia, ada berbagai faktor lainnya yang bisa menyebabkan garis rambut mulai mundur ke atas kepala.

Garis rambut mundur ke atas kepala biasanya mulai tampak terlihat ketika pria berusia 30-an. Rata-rata, kondisi ini dimulai dari garis rambut di atas pelipis pada kedua sisi kepala, sementara garis rambut di bagian tengahnya tetap berada dekat dahi.

Pola surutnya garis rambut ini akan membentuk huruf V di atas kepala, dan sering disebut sebagai widow peak. Lambat laun, kedua sisi dan bagian belakang kepala bisa botak sehingga tersisa hanya rambut di puncak kepala saja.

Kebalikannya pada wanita, garis rambut yang pertama kali akan mundur adalah bagian tengahnya hingga ke puncak kepala sementara kedua sisi dan bagian belakangnya akan menetap. Pola kemunduran garis rambut ini akan membentuk huruf U.

Baca juga: Minder karena Rambut Tipis? Coba Lakukan 10 Cara Ini

Namun nyatanya, wanita lebih cenderung mengalami penipisan rambut dibandingkan pemunduran garis rambut atau kebotakan total.

Apa yang menyebabkan garis rambut mundur?

1. Usia

Penuaan adalah faktor penyebab kemunduran garis rambut paling utama. Penelitian menunjukkan pola kebotakan pada pria berhubungan dengan hormon androgen. Semakin usia bertambah, semakin sedikit hormon androgen yang diproduksi tubuh.

Setiap rambut memiliki siklusnya masing-masing. Setelah tumbuh maksimal, rambut akan rontok dan digantikan rambut baru. Biasanya, folikel rambut yang rontok akan diganti dengan folikel baru dalam ukuran yang sama.

Namun karena suplai hormon androgen tidak mencukupi, folikel rambut menyusut sehingga rambut baru tumbuh lebih tipis, pendek-pendek, dan lebih halus. Seiring waktu, folikel rambut makin menyusut, siklus pertumbuhan rambut berakhir, dan pada akhirnya tidak ada rambut baru lagi yang tumbuh.

Baca juga: 12 Kondisi yang Menyebabkan Rambut Rontok

2. Perubahan hormon

Selain dipengaruhi oleh usia, kebotakan juga dipicu oleh peningkatan hormon kebotakan DHT (dihydrotestosterone) dalam tubuh. Hormon ini dihasilkan dengan mengubah testosteron menjadi dihydrotestosterone oleh bantuan enzim tertentu.

Sekitar 10 persen testosteron dalam tubuh pria akan diubah menjadi dihydrotestosterone. DHT menyebabkan folikel mengecil hingga tidak ada rambut yang tumbuh lagi di dalamnya.

Sebuah penelitian menemukan bahwa folikel dari kulit kepala yang botak mengandung kadar hormon DHT yang lebih tinggi daripada hormon DHT pada kulit kepala yang tidak botak.

Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com