Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kesalahan Merawat Kulit yang Bikin Wajah Kurang "Glowing"

Kompas.com - 28/09/2018, 10:13 WIB
Nabilla Tashandra,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber Boldsky

KOMPAS.com - Semua orang menginginkan kulit yang bagus, sehat dan glowing. Namun, ternyata tak sedikit yang masih melakukan kesalahan-kesalahan dalam merawat kulit sehingga berakhir pada kerusakan kulit.

Ada pula yang sudah menggunakan produk perawatan kulit namun memakainya terlalu banyak sehingga tidak mendapatkan manfaat maksimal.

Nah, berikut ada lima kesalahan perawatan kulit yang umum terjadi dan harus kamu hindari.

1. Salah menggunakan tabir surya

Mungkin sudah semua orang mengetahui manfaat tabir surya untuk menangkal radiasi ultraviolet. Tapi, apakah kita semua menggunakannya secara tepat? Ternyata masih banyak yang tidak mengetahui tabir surya apa yang cocok untuk kulitnya masing-masing.

Padahal, memilih tabir surya yang tepat sangat penting bagi kita. Terutama ketika memilih kandungannya.

Kandungan Sun Protecror Factor (SPF) minimal untuk wajah berkisar 20 SPF dan untuk mencegah bahaya Ultraviolet A yang dibutuhkan adalah empat bintang atau lebih tinggi, seperti PA++++.

Fungsi tabir surya tak hanya untuk melindungi kulit agar tak terbakar sinar matahari, namun juga mencegah paparan sinar ultraviolet penyebab kanker dan kulit terbakar berbahaya.

Tabir surya juga akan lebih baik diaplikasikan pada akhir rutinitas kulit untuk memberi proteksi terbaik dan dua jam sebelum terpapar sinar matahari.

Baca juga: Suka Aktivitas Luar Ruang? Perhatikan 7 Cara Penggunaan Tabir Surya

2. Memecahkan jerawat

Jerawat yang semakin besar bukan cuma menyebabkan sakit tapi juga tidak nyaman. Kita pun ingin menghilangkannya sesegera mungkin dan tak tahan untuk tidak memencet atau memecahkannya.

Padahal, lubang bekas jerawat yang kita pecahkan nantinya akan menjadi area yang sangat rentan terserang bakteri. Bukan hanya membuat jerawat makin meradang, tapi juga ekstraksi jerawat yang tidak tuntas justru dapat menyebabkan bekas luka pada kulit.

3. Menggaruk kulit terlalu kuat

Menggosok atau menggaruk kulit terlalu kuat mungkin memang terasa enak apalagi ketika kita merasa gatal. Namun, hal ini akan membuat kulit kita mudah mengendur dan rentan memunculkan kerutan dini.

Menggosok kulit terlalu keras juga sering dilakukan ketika kita melakukan eksfoliasi atau pengangkatan sel kulit mati. Saat melakukan eksfoliasi, pori-pori kulit terbuka terlalu besar dan akhirnya membuat luka.

Halaman:
Sumber Boldsky
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com