Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/10/2018, 07:38 WIB
Nabilla Tashandra,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Hari Batik Nasional kembali hadir. Hingga hari ini, batik terus mengalami perkembangan pesat. Batik yang dulu dianggap sebagai pakaian untuk acara-acara formal kini bisa menjadi busana sehari-hari.

Sejumlah desainer tanah air bahkan membuat koleksi pakaian batik ready to wear alias siap pakai. Sehingga, kita tak perlu menunggu momentum atau acara khusus untuk memakainya, melainkan bisa digunakan sehari-hari.

Memakai batik tak harus tampak kaku. Kita hanya perlu mengetahui triknya agar pakaian batik yang digunakan tetap terkesan casual.

Masih bingung memadupadankannya? Yuk simak inspirasi padu padan busana batik dari koleksi para desainer!

1. Blazer

Coat yang menjadi salah satu koleksi kolaborasi batik Mel Ahyar x Iwan Tirta Private Collection.Instagram @melahyarofficial Coat yang menjadi salah satu koleksi kolaborasi batik Mel Ahyar x Iwan Tirta Private Collection.
Jika kamu ingin memiliki pakaian batik yang bisa sering digunakan dan mudah dipadupadankan dengan pakaian lain, mungkin kamu bisa memilih kreasi batik outwear. Misalnya, berupa coat atau blazer.

Koleksi kolaborasi Desainer Mel Ahyar dan Iwan Tirta Private Collection bisa menjadi salah satu contohnya. Salah satu koleksi bertema “Er-lum” tersebut berbetuk outer batik dengan dominasi warna cokelat. Untuk menggunakannya kamu bisa menggunakan dalaman dress cokelat atau warna dasar lainnya.

Kamu bisa pula memilih kaos dan celana polos di bagian dalam. Biarkan outer batik yang kamu gunakan menjadi pusat perhatian dari tampilanmu.

2. Jaket

Salah satu koleksi kolaborasi Alleira Batik x Michael Ong.Instagram @alleira_batik Salah satu koleksi kolaborasi Alleira Batik x Michael Ong.
Beberapa desainer menyertakan jaket bermotif batik dalam koleksinya. Sama seperti blazer atau coat, jaket juga bisa menjadi luaran. Hanya saja tampilan yang dihasilkan sedikit berbeda dan cenderung lebih kasual.

Tak hanya perempuan, kamu yang laki-laki juga bisa mencobanya, lho.

Salah satu contohnya adalah koleksi kolaborasi Alleira dan desainer asal Malaysia, Michael Ong.

Salah satu pakaian dari koleksi bertajuk “Batik Now” itu sekilas tampak seperti jaket army. Namun, jika dilihat dari dekat kita bisa melihat bahwa motif pada jaket tersebut adalah batik, bukan motif tentara.

Kamu bisa memadukan jaket batik tersebut dengan kaos dan celana olahraga untuk tampilan yang sporty.

3. Sweater

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com