Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/10/2018, 14:37 WIB
Ariska Puspita Anggraini,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber menshealth

KOMPAS.com - Menjadi tua adalah hal yang tak bisa kita hindari. Tapi, menua sebelum waktunya bisa saja terjadi pada kita karena kebiasaan buruk yang tak kita sadari.

Ada banyak kebiasaan sehari-hari yang membuat kita menua sebelum waktunya. Hal semacam ini seringkali berdampak berat pada fisik, membuat kia tampak lebih tua dari usia asli.

Berdasarkan laporan American Society for Aesthetic Plastic Surgery, wajah yang menua adalah hal paling ditakui banyak orang, tak terkecuali pria.

Oleh karena itu, banyak orang menghindarinya dengan memakai kosmetik, krim, atau suntikan botox.

Tahun 2016 lebih dari tujuh juta pria melakukan suntikan botunlinum toksi, yang merupakan bahan untuk botox.

Namun sebenarnya tanpa melakuka hal ekstrim tersebut, kita bisa melakukan pencegahan untuk terjadinya penuaan dini ini. Untuk itu kita harus menggentikan segala rutinitas yang bisa mempercepat datangnya penuaan.

Dilansir dari Men'Health, berikut 8 rutinitas yang membuat terlihat tua.

1. Tidak memakai tabir surya

Ilustrasi menggunakan tabir suryaWavebreakmedia Ilustrasi menggunakan tabir surya
Ahli dermatologi bernama Joshua Zeichner mengatakan, hal utama untuk menjaga kulit agar awet muda dan sehat adalah memakai tabir surya.

“Paparan sinar UV menyebabkan radikal bebas yang merusak kolagen, elastin, dan sel-sel kulit. Ini menyebabkan penuaan dini pada kulit, menimbulkan kerutan, bintik hitam, dan perkembangan kanker kulit," ucapnya.

Paparan sinar matahari, kata Zeichner, juga menyebabkan munculnya tanda-tanda penuaan dini, seperti kerutan, bintik hitam dan perkembangan kanker kulit.

"Bahkan, paparan sinar matahari dalam jumlah sedikit setiap hari akan bertambah seumur hidup," tambahnya.

Selain itu, kolagen dan elastin adalah protein dalam tubuh yang membuat kulit tetap kuat dan kenyal.

Riset dari Australia yang meneliti 900 orang selama empat tahun menemukan, mereka yang menggunakan tabir surya dengan benar, 24 persen lebih rendah mengalami penuaan dini bidandingkan mereka yang tak memakainya.

Riset dermatologi menemukan penggunaan SPF selama 30 minggu selama 12 jam cukup untuk memperbaiki tanda-tanda kerusakan kulit karena sinar UV, seperti memperbaiki tekstur dan pigmentasi yang tak merata.

Baca juga: Suka Aktivitas Luar Ruang? Perhatikan 7 Cara Penggunaan Tabir Surya

2. Kurang tidur

Ilustrasi tidur nyenyakAntonioGuillem Ilustrasi tidur nyenyak
Zeichner mengatakan tidur yang cukup bisa membuat kita awet muda. Menurutnya, sel-sel kulit kita berfungsi sesuai ritme sirkadian.

Ini mirip siklus tidur dan bangun yang membuat kita lelah di malam hari dan membangunkan kita di pagi hari.

"Pada malam hari, sel-sel ini bekerja untuk memperbaiki kerusakan yang terjadi selama siang hari, seperti radiasi sinar matahari atau polusi," papar Zeichner.

Menurutnya, melewatkan tidur malam akan menghentikan seluruh proses ini, dan membuat kulit tidak bisa bersiap untuk hari berikutnya.

Kulit menjadi stres dan tidak dapat menyelesaikan proses perbaikan. Pada akhirnya, menyebabkan sel kurang sehat dan mengalami penuaan dini.

Ia menyarankan kita agar tidur delapan jam setiap malam. Selain itu, jangan lupa memakai pelembab untuk seluruh tubuh agar kulit tidak mengalami dehidrasi selama tidur.

Halaman:
Sumber menshealth
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com