Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banyak Jomblo Tak Betah dengan Status, Tapi Enggan Bergerak

Kompas.com - 17/10/2018, 07:35 WIB
Nabilla Tashandra,
Wisnubrata

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Status "single" atau yang lebih populer disebut "jomblo" seringkali membuat jenuh mereka yang menyandangnya. Apalagi yang sudah bertahun-tahun sendiri.

Namun banyak dari mereka yang tidak mau berusaha memperbaiki diri agar mendapat pasangan, atau setidaknya berusaha mencari kencan.

Hal itu salah satunya terlihat dari peserta di kelas-kelas yang pernah diselenggarakan oleh KelasCinta.com. Baik laki-laki maupun perempuan sama antusiasnya.

Relationship Coach dan Pendiri KelasCinta.com, Lex de Praxis mengatakan, para jomblo menyadari bahwa mereka banyak kekurangan dan butuh meningkatkan kualitas diri agar lebih mudah mendapatkan pasangan.

"Makanya di Indonesia sering ada kalimat: "ingin diterima apa adanya." Karena dia sadar dirinya seadanya, enggak ada apa-apanya," kata Lex saat ditemui beberapa lalu di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat.

Meski banyak jomblo yang merasakan punya banyak kekurangan dan ingin berubah, namun ternyata tak banyak yang mengimbanginya dengan aksi nyata.

Baca juga: Cantik dan Menarik tapi Tetap Melajang, Apa Penyebabnya?

Lebih spesifik Lex menjelaskan, banyak para jomblo yang merasa minder dan tidak cukup banyak bergaul. Namun, mereka malas berusaha untuk menutupi kekurangan dirinya itu.

Meskipun, terkadang mereka juga bingung ke mana harus mencari atau meminta pertolongan agar dirinya bisa menjadi pribadi yang lebih menarik.

Di sisi lain, mereka menginginkan kualitas pasangan yang terbaik dan sesuai keinginannya

"Mereka ingin diterima apa adanya, tapi tidak mau menerima orang yang apa adanya juga," tutur Lex.

Tak jarang situasi tersebut membuat mereka stres karena bingung di titik mana harus memulainya. Kalaupun tahu, mereka takut melakukannya.

"Karena takut terluka, takut ditolak, takut bersaing, dan sebagainya. Itu sebabnya banyak yang tidak bereaksi dan memilih menunggu saja," kata dia.

Baca juga: 9 Keberuntungan di Balik Kutukan Jomblo

Padahal, saat ini ada banyak kanal informasi yang bisa digunakan para jomblo untuk meningkatkan kualitas dirinya atau meminta bantuan orang lain.

Salah satunya adalah mengikuti sekolah sekaligus konsultasi percintaan dari KelasCinta.com.

"Saat sudah nikah ada masalah, sekolah ke sini juga. Dulu orang perginya ke psikolog tapi kan banyak yang berpikir itu untuk orang yang punya masalah psikis. Padahal dia hanya mau konsultasi masalah cinta," kata Lex.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com