Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Negara dengan Usia Harapan Hidup Tertinggi, Bagaimana Indonesia?

Kompas.com - 19/10/2018, 12:00 WIB
Kahfi Dirga Cahya,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber

KOMPAS.com — Kondisi lingkungan yang terus turun, pola makan yang tidak sehat, dan juga stres merupakan tantangan bagi kesehatan manusia di era modern. Namun, apakah kondisi ini memengaruhi usia harapan hidup manusia?

Riset terbaru yang dipublikasikan dalam jurnal kesehatan bergengsi The Lancet mengungkapkan, angka harapan hidup diperkirkan akan tumbuh di seluruh dunia. 

Penelitian ini menggunakan studi tahun 2016 yang dilakukan Global Burden of Diseases, Injuries, and Risk Factors Study (GBD).

Para peneliti menganalisis 250 penyebab kematian untuk memperkirakan angka harapan hidup yang wajar di hampir 300 negara pada tahun 2040.

Ada beberapa faktor utama yang dianggap berkontribusi pada kematian dini, seperti tekanan darah tinggi, indeks massa tubuh dan gula darah, serta penggunaan tembakau dan alkohol.

Dari penelitian terungkap, beberapa negara yang memiliki angka harapan hidup terpanjang.

  • Spanyol, harapan hidup rata-rata 85,8 tahun
  • Jepang, harapan hidup rata-rata 85,7 tahun
  • Singapura, harapan hidup rata-rata 85,4 tahun
  • Swiss, harapan hidup rata-rata, 85,2 tahun
  • Portugal, harapan rata-rata 84,5 tahun

Ada pun Indonesia sendiri memiliki harapan hidup antara 75 - 77,5 tahun.

Jika mengacu dari data Biro Pusat Statistik, angka harapan hidup di negara kita meningkat. Tahun 2017, misalnya, angka harapan hidup orang Indonesia adalah 71,1 tahun. 

Tidak ada cara untuk memastikan kita menjalani hidup yang panjang, namun penelitian telah mengidentifikasi lima kebiasaan sehat yang dapat membantu hidup lebih lama. 

Untuk menjalani usia yang panjang dengan sehat beberapa langkah yang bisa dilakukan adalah tidak merokok, menjaga berat badan yang sehat, berolahraga, serta menghindari alkohol dan makanan junk food.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com