Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/10/2018, 17:48 WIB
Nabilla Tashandra,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Perasaan suka atau tertarik kepada orang lain tidak harus diungkapkan lewat kata-kata. Ada bahasa tubuh yang bisa kita lihat untuk mengetahui apakah gebetan yang sudah lama kita dekati punya perasaan yang sama dengan kita atau tidak.

Nah, dari pada membuang banyak waktu untuk mengejar orang yang salah, ketahui apakah si dia cuma menganggapmu tak lebih dari teman atau memang cinta tak bertepuk sebelah tangan.

1. Tak berusaha dekat secara fisik

Ketika kita menyukai seseorang, hal alami yang terjadi adalah ingin selalu dekat secara fisik di segala kesempatan. Mulai dari waktu makan, menonton film, hingga kontak yang lebih intim seperti berpelukan atau merangkul.

Ketika situasi itu dilakukan oleh seseorang, artinya ia ingin selalu masuk ke area personal kita.

"Sentuhan adalah indikator apakah seseorang menyukaimu atau tidak," kata analis perilaku Jeff Schafer menulis pada laman Psychology Today.

Jika kamu menyentuh seseorang dan orang tersebut menarik diri, artinya orang tersebut tidak menyukaimu atau tidak siap untuk hubungan yang lebih intim.

Jika gebetanmu tak pernah melakukan pergerakan di dekatmu atau justru aktif menghindari situasi yang memungkinkn terjadinya kontak fisik, artinya mereka tidak mencari hubungan romantis denganmu.

2. Tidak bersolek

Seseorang yang memang tidak tertarik membina hubungan romantis denganmu tidak akan repot-repot "bersolek" ketika bertemu denganmu. Meskipun hal ini tak berlaku bagi mereka yang memang senang memerhatikan penampilan setiap saat.

Jess Cartner-Morley menulis di The Guardian, kebanyakan dari kita menyesuaikan penampilan, bahasa tubuh dan kata-kata kita dengan situasi.

Ketika gebetan kita tidak menyadari keberadaan kita sehingga mereka perlu  menyesuaikan penampilan mereka, maka kemungkinan si dia hanya merasa nyaman bergaul.

Baca juga: Mengapa Diperlukan Masa Pacaran Sebelum Menikah

3. Selalu menjadi pihak yang mengajak

Jika kamu adalah pihak yang selalu mengajak gebetanmu untuk pergi atau sekadar makan bersama, itu bisa jadi sinyal buruk. Apalagi jika dia menjawab ajakanmu dalam waktu yang cukup lama.

"Setiap orang punya kesibukan. Tapi kita selalu meluangkan waktu untuk mereka yang dianggap penting. Ketika seseorang memberi respons yang terlalu lama, berarti dia tidak tertarik," kata Vanessa Maria Perry, Ph.D., MPH, Pendiri sekaligus Chief Relationship Strategist LoveWrite.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com